Translate

Kamis, 31 Desember 2015

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

Setu Babakan atau Setu Srengseng Sawah, berlokasi di Jl. Mohammad Kafi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Setu Babakan atau Danau Babakan terletak di Srengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa, Kotamadya Jakarta Selatan. Lokasi tidak jauh dari kota Depok (di belakang kampus Universitas Pancasila) setu babakan ini berfungsi sebagai pusat Perkampungan Budaya Betawi, suatu area yang diperuntukkan untuk pelestarian warisan budaya Jakarta, yaitu budaya asli Betawi. Situ Babakan merupakan danau buatan dengan area 30 hektare (79 akre) dengan kedalaman 1-5 meter dimana airnya berasal dari Sungai Ciliwung dan saat ini digunakan sebagai tempat wisata alternatif, bagi warga dan para pengunjung.

Pintu pagar kawasan Setu Babakan menuju komplek rumah adat dan panggung pentas seni





Di sekitar setu babakan banyak ditanami dengan beragam pohon buah-buahan seperti Mangga, Palem, Melinjo, Rambutan, Jambu, Pandan, Kecapi, Jamblang, Krendang, Guni, Nangka Cimpedak, Nam-nam, dan Jengkol.

Hijaunya kawasan setu babakan dengan berbagai macam tumbuhan dan pepohonan

















Kuliner khas Betawi yang terdapat di sekitar area situ babakan antara lain Kerak Telor, Toge Goreng, Arum Manis / Rambut Nenek, Rujak Bebek, Soto Betawi, Es Potong, Es Duren, Bir Pletok, Gado-Gado, Nasi Uduk, Nasi Ulam, Laksa, Selendang mayang, sayur gabus pucung, tape ketan uli, rujak bebek, dodol betawi, roti buaya, kembang goyang, akar kelapa, kue ape dan lain-lain. Selain itu juga selain kuliner khas betawi banyak juga dijajakan kuliner seperti Bakso, Mie Ayam, Es Kelapa, Ayam Bakar, Sop Iga, Toge Goreng dan masih banyak lagi kuliner yang tersedia di sana.

Jajanan khas Betawi, kerak telor, Es selendang mayang, rambut nini, gulali







Jajanan khas Betawi, Es Goyang, Rujak Bebek, Bir Pletok, Roti Buaya

Jajanan khas Betawi, Dodol, Rangginang, Kembang Goyang, Akar Kelapa, Bir Pletok, Gemblong








Beberapa makanan khas Betawi yang masih bisa kita jumpai di daerah Setu Babakan
Banyaknya penjaja makanan di Setu Babakan dan rata-rata khas Betawi yang memanjakan selera kuliner kita


















































Wisata budaya yang disajikan antara lain rumah-rumah khas Betawi yang dibagi menjadi 3 macam, pertama rumah Betawi gudang atau kandang, kedua rumah Betawi Kebaya atau Bapang, dan yang ketiga adalah rumah Joglo, hampir serupa dengan rumah khas Yogyakarta. Namun yang dijadikan sebagai rumah adat khas Betawi yang didaftarkan adalah rumah kebaya.

Rumah Kebaya yang dijadikan sebagai rumah adat khas Betawi / Jakarta

Rumah Joglo Betawi

Rumah Gudang Betawi

Rumah-rumah khas Betawi yang ada di Setu Babakan

Kesenian-kesenian banyak ditampilkan di Setu Babakan terutama di hari Minggu berupa Lenong, Tari Topeng, Tanjidor, Marawis, Gambang Kromong, Tari Lenggang Nyai, dan Tari Narojeng. Upacara Adat yang ada di perkampungan Betawi Setu Babakan adalah Penganten Sunat, Pindah Rumah, Khatam Qur'an, dan Nujuh Bulan.

Panggung pentas seni yang ada di Setu Babakan
   
Mayoritas penduduk di Setu Babakan adalah Betawi, dengan program dari pemda DKI untuk memperbaiki sarana dan prasarana yang ada untuk mengakomodasi kebutuhan ruang terbuka hijau, serta area untuk resapan air, setu babakan berbenah diri dengan dukungan penuh dari pemda DKI Fungsi dari Setu ini bukan hanya untuk tempat melestarikan kebudayaan betawi yang makin tergerus oleh zaman, tapi digunakan juga sebagai tempat alternatif rekreasi yang berlokasi di selatan jakarta selain fungsi utamanya sebagai penampung air resapan untuk selatan jakarta.

Beberapa kios Batik Betawi yang dijual di sekitar pinggir danau, Posisinya di belakang penjaja makanan sehingga tidak nampak dari luar / jalan
Andong, salah satu fasilitas bermain yang ada di Setu Babakan. Ada juga permainan air seperti perahu dayung dan perahu bebek. Ada juga sebidang lahan yang berisi arena permainan anak anak seperti komedi puter, kereta-keretaan, dan lain-lain





Banyak cinderamata yang dijajakan di Setu Babakan salah satunya yang khas Betawi adalah miniatur ondel-ondel




2 komentar:

  1. saya mo mengunjungi setu babakan anak sd kls 4 bisakah minta no telpon yg bisa dihubungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya gak tau gan :) saya mah biasanya klo kesana ya langsung otw aja, disana paling cm jajan makanan aja saya :)
      gak tau klo disana ada pengurusnya malahan, tempat wisatanya gratis koq klo masuk cm bayar parkir

      Hapus

Berikan Komentar Buat Blog Saya...