Translate

Rabu, 09 Desember 2015

Gathering Di Kampoeng Wisata Rumah Joglo

Sabtu, 5 Desember 2015. Asisten Laboratorium Sistem Informasi Universitas Gunadarma Kampus Kalimalang mengadakan event gathering tahunan. Kali ini diberi nama ALASKA Trip 2015, ALASKA merupakan singkatan dari Alumni, Laboran dan ASisten KAlimalang. Kali ini kita mengadakan gatheringnya cuma sehari pulang pergi tidak menginap. Lokasi gathering kita adalah di Kampoeng Wisata Rumah Joglo yang berada di daerah Ciampea Bogor.

Klik disini untuk melihat penjelasan mengenai Kampoeng Wisata Rumah Joglo Bogor.

Lokasi Kampoeng Wisata Rumah Joglo Bogor :

Jl. Situ Hayang No. 1B, Kampung. Tegal Waru,
Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor.

Website : http://kampoengwisatarumahjoglo.com/
Email : kampoengwisatarumahjoglo@gmail.com
Telp : (0251) 862 0698

Tiket Masuk : Rp. 5.000

Panitia menyuruh kami kumpul di kampus J UG Kalimalang pkl 06:00 karena kita akan berangkat pkl 07:00. Dan saat berangkat kami disuruh untuk menggunakan dress code berwarna biru. Saya berangkat dari rumah pkl 06:00 menggunakan motor dan saya titipkan motornya di parkiran 24 jam pondok ungu harapan indah. Kemudian saya lanjut naik taxi karena jika naik angkot takut telat datengnya, karena sudah pkl 06:30 lebih angkot untuk menuju kampus belum ada penampakkannya. Sekitar Pkl 06:45 saya sampai di kampus J UG Kalimalang. Saya bertemu dengan beberapa teman lama sesama asisten dan juga mbak wied, namun banyak asisten yang saya tidak kenal. Dan yang sangat disayangkan lagi karena mbak wied tidak ikut dalam acara gathering ini.

Dua bus Metropolitan AC big bus sudah terparkir di depan kampus. Sekitar pkl 07:00 panitia menyuruh kami untuk lekas naik ke dalam bus, saya pun memilih bus nomer dua bermesin VOLVO seat 2-2. Di dalam bus tersebut asisten tua nya cuma ada saya, yoel, ratih bedjo dan desi, sisanya nampaknya asisten aktif karena mukanya sangat awam buat kita. Kita pun berempat serasa seperti guru pendamping bagi mereka mereka.

Sekitar pkl 07:30 bus saya jalan duluan dan nampaknya bus 1 masih menunggu peserta yang belum datang. Kita berangkat dengan cuaca yang cerah, memasuki tol Barat lumayan lancar. Selepas tol JORR masuk tol jagorawi nampak padat dengan kendaraan. Bus keluar tol Sentul selatan menuju arah Bubulak dan sempat putar balik di jalanan yang ditutup. Saya pun bertanya kepada teman saya farai tentang lokasi yang akan kita tuju karena saya serasa seperti nyasar karena jalannya agak muter dan saya pun tidak tahu apakah di bus yang saya naiki ada yang tahu jalan menuju ke sana atau tidak.

Setelah sempat berputar putar ternyata ujung ujungnya adalah lewat jl Darmaga, seharusnya semenjak yasmin jalan lurus saja tidak perlu ke arah terminal Bubulak. Tidak lama dari IPB Darmaga kemudian kita belok ke kiri ke arah lokasi kampoeng wisata rumah joglo. Jalanan sempit sedangkan busnya besar. Saya pun bingung, macam mana ini jalanan sekecil itu koq bawanya pakai bus besar? makin ke dalam perjalanannya membuat jantung berdetak. Takut terperosok ke got, dekat dengan lokasi parkir bus jalanan macam jet coaster takut busnya mundur.

Sesampainya di parkiran kita pun bingung, mana lokasi kampoeng wisata rumah joglonya? saat searching tempatnya bagus tapi ini koq kita parkirnya di kampung kampung?

Ternyata dari lokasi parkiran bus kita masih harus jalan lagi sekitar 500 meter dan sampailah kita di gerbang Kampoeng Wisata Rumah Joglo.

Setelah nyasar nyasar, dibuat bingung karena jalan menuju lokasi sangat sempit sedangkan kami menggunakan bus besar, ditambah lagi bingung karena menjelang area parkir bus jalanan makin parah dikarenakan semakin sempit dan juga terdapat turunan, belokan dan tanjakan curam.

Begitu sampai di lokasi ternyata tempatnya bagus, cozy dan memberikan kesan sejuk karena banyak pohon pohon dan taman di areal penginapan. Seketika itu juga suasana berubah seperti sedang berada di kampung model rumahnya. Suasana lokasi sudah saya jelaskan di cerita Kampoeng Wisata Rumah Joglo yang sudah saya ulas sebelumnya.

Berangkat dari kampus sekitar pkl 07:30, sampai di kampoeng wisata rumah joglo sekitar pkl 10:00, perjalanan yang cukup lama karena jalanan lumayan macet dan juga sedikit muter muter karena nyasar. Saat kami rombongan bus  2 tiba di lokasi rombongan utama malah belum sampai sampai. Saya, Yoel, Bedjo dan juga Desi sudah merasa lapar tapi bingung mau makan apa.

Supaya rasa lapar tidak makin berasa kita pun jalan jalan mengelilingi areal kampoeng wisata rumah joglo sambil photo photo. Kita dipandu oleh staff untuk melihat lihat lokasi serta beberapa penginapan yang mereka sediakan.

Jika saya tidak salah hitung sepertinya ada sekitar 10 rumah joglo dengan kapasitas 2 orang AC kamar mandi luar yang dapat disewakan dengan harga sekitar Rp. 400.000 / malam serta terdapat 3 buah joglo yang dapat menampung hingga 50 org dengan kasur lesehan model barak dengan biaya sekitar Rp. 130.000 / orang / malam dengan fasilitas AC dan kamar mandi di dalam. Semuanya sudah termasuk dengan sarapan pagi gratis.

Sudah lumayan lelah keliling-keliling Saya, Yoel, Ratih Bedjo dan juga Desi memutuskan untuk kembali ke rombongan di pendopo. Sampai di Pendopo kita macam orang ilang karena cuma kita berempat gerombolan dedengkotnya. Nampak seperti Bapak/Ibu pembina yang sedang mengawasi anak anaknya, hahaha...

Sekitar pkl 11:00 rombongan bus 1 baru tiba, kita langsung bergegas untuk ke lapangan karena sebenarnya kita sudah sangat telat lama dari jadwal yang seharusnya. Kita ke lapangan mengadakan beberapa permainan kerjasama kelompok.

Sekitar pkl 13:30 kita break makan siang karena saat kita melakukan permainan tiba tiba hujan turun sehingga kita menghentikan permainan dan kembali ke pendopo untuk makan siang. Setelah makan siang hujan bukannya reda malah makin deras tapi kita masih harus melakukan kegiatan permainan outbound, saya yang tidak membawa baju ganti stay di pendopo saja tidak ikut serta dalam kegiatan permainan outbound.

Sekitar pkl 16:30 anak anak sudah selesai melakukan permainan outbound. Setelah membersihkan diri karena kotor. Sudah hampir magrib namun masih banyak yang pada membersihkan diri sehingga jadwal pulang kembali ke bekasi yang diperkirakan pkl 17:00-18:00 molor.

Sehabis magrib kami baru kumpul kembali di pendopo untuk acara tukar kado sekalian perkenalan dan sekitar Pkl 19:00 kita bergegas untuk kembali ke bus untuk pulang ke Bekasi. Kita sampai kampus kalimalang sudah lumayan malam sekitar pkl 21:00 atau pkl 22:00 jika tidak salah.

Pengalaman tour yang awalnya bikin bingung karena lokasinya yang terpencil jalan sempit tapi menggunakan bus besar dan saat sudah mau ke lahan parkir bus melewati jalur yang macam jet coaster namun terbayar setelah tiba di lokasi dengan keasrian, keindahan bentuk rumah joglo yang membuat saya kangen akan kampung, dan juga kenyamanan tempat tersebut.

Thanks buat seluruh pihak yang sudah mengajak saya untuk acara gathering aslab (red. asisten lab) kembali setelah lama saya tidak ikut semenjak sudah pensiun dari asisten.