Translate

Minggu, 13 Desember 2015

Potensi Wisata Kabupaten Pangandaran

Undang-undang nomor 21 tahun 2012 mendasari lahirnya kabupaten baru (DOB) yang ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 16 November tahun 2012. Kemudian diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin pada tanggal 17 November tahun 2012, maka Pangandaran resmi menjadi Kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Dalam UU No. 21/2012 disebutkan, Kabupaten Pangandaran berasal dari sebagian wilayah Kabupaten Ciamis, yang terdiri dari Kecamatan Parigi, Kecamatan Cijulang, Kecamatan Cimerak, Kecamatan Cigugur, Kecamatan Langkaplancar, Kecamatan Mangunjaya, Kecamatan Padaherang, Kecamatan Kalipucang, Kecamatan Pangandaran dan Kecamatan Sidamulih. Ibu Kota Kabupaten Pangandaran berkedudukan di Kecamatan Parigi.

Dengan potensi yang besar dibidang pariwisata maka misi Kabupaten Pangandaran yaitu “Kabupaten Pangandaran Pada tahun 2025 menjadi kabupaten pariwisata yang mendunia, tempat tinggal yang aman dan nyaman berlandaskan norma agama.

Luas wilayah Kabupaten Pangandaran yaitu 168.509 Ha dengan luas laut 67.340 Ha. Kabupaten Pangandaran memiliki panjang pantai 91 Km.


Batas Wilayah :
Sebelah Utara : Ciamis
Sebelah timur : Cilacap
Sebelah Selatan : Samudera Hindia
Sebelah Barat : Tasikmalaya

Kabupaten Pangandaran terdiri atas 10 kecamatan yang terdiri atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan di kecamatan Parigi. Kabupaten Pangandaran merupakan pemekaran dari Kabupaten Ciamis. Kabupaten ini resmi dimekarkan pada 25 Oktober 2012. Kabupaten ini terdiri dari 10 kecamatan, yaitu :

1. Cigugur
2. Cijulang
3. Cimerak
4. Kalipucang
5. Langkaplancar
6. Mangunjaya
7. Padaherang
8. Pangandaran
9. Parigi (ibukota pangandaran)
10. Sidamulih
 
Peta Kabupaten Pangandaran (Klik gambar untuk memperbesar)

Pangandaran memiliki objek wisata unggulan yang tidak hanya terkenal di dalam negeri namun jga sudah terkenal di luar negeri. Kedepannya katanya objek wisata di pangandaran akan bisa mengalahkan pantai kuta. Semoga..

Berikut adalah Objek-Objek wisata indah yang terdapat di Pangandaran :

Pantai Pangandaran

Klo pantai ini semua orang pasti sudah pada tahu lah. Yup pantai pangandaran, merupakan wisata andalan yang sudah terkenal terletak tidak jauh dari terminal Pangandaran dan juga mesjid agung. Lokasi berada di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Terdapat beberapa spot wisata yaitu Pantai Barat, Pantai Timur, Cagar Alam dan Pantai pasir putih. Orang yang berwisata kebanyakan mengunjungi pantai barat, di sini banyak spot permainan, rumah makan, pasar seni yang menjual berbagai cinderamata dan juga banyak hotel yang berdiri di sini. Pantai Timur relatif agak lebih sepi, di pantai timur biasanya dijadikan lokasi kapal nelayan dan juga banyak pasar ikan yang menjual berbagai jenis ikan yang bisa juga kita santap langsung di tempat karena di sini tersedia banyak rumah makan sea food. Di Cagar alam merupakan hutan lindung yang dahulu sempat tumbuh bunga raflesia, terdapat makam keramat, gua gua dan juga padang rumput. Pantai pasir putih cocok untuk snorkling, pasirnya putih, ombaknya relatif lebih tenang, di pinggir pantai banyak ditumbuhi karang dan juga banyak di temukan monyet di pinggir pantai.

Pantai Barat Pangandaran
Pantai Timur Pangandaran
Cagar Alam Pananjung
Pantai Pasir Putih















Pantai Karapyak

Pantai ini terletak di desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang. Pantai ini dekat dengan segara anakan nusa kambangan cilacap. Pantai ini termasuk pantai dengan ombak yang berbahaya dan berkarang. Jika surut kita bisa melihat ikan ikan yang berenang di antara karang. Namun sayang pantai ini masih minim pengunjung dikarenakan sarana dan akses yang kurang memadai.
















Pantai Karang Nini

Jika kita dari arah banjar/ciamis menuju pangandaran, sebelum memasuki terminal pangandaran atau pantai pangandaran kita akan melewati objek wisata Karang nini, posisinya ada di sebelah kiri jalan jika dari arah Banjarsari menuju Pangandaran. Jaraknya sekitar 10km sebelum pantai pangandaran.

Di pantai ini terhampar batu-batu karang yang salah satunya menyerupai seorang nenek (nini dalam bahasa Sunda) yang sedang menunggu si kakek, sehingga tempat ini dinamakan Pantai Karangnini.

Wana Wisata Karangnini adalah obyek wisata alam yang merupakan perpaduan hutan dan pantai. Hamparan hutan Jati dan rimba yang lebat bertaut dengan lautan lepas, ditingkah debur ombak dan berujung di langit biru lazuardi yang membentuk garis horizon di kejauhan, merupakan pesona alam yang menyimpan misteri kebesaran dan keagungan Tuhan. 

















Pantai Lembah Putri

Objek wisata Lembah Puteri ini terletak di bagian timur sebelum pantai Pangandaran. Tepatnya di desa Ciputrapinggan, kecamatan Kalipucang, Pangandaran.

Pantai Lembah Puteri merupakan pantai yang masih alami dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Dalam perjalanan menuju pantainya, Anda akan menemukan sejumlah anak tangga yang akan mengarahkan Anda ke sebuah pendopo di atas bukit. Dari atas pendopo tersebut, Anda akan melihat berbagai pemandangan indah seperti pantai Pangandaran, perkebunan jati dan pulau Nusakambangan.

















Pantai Batu hiu

Pantai dengan tebing cukup terjal yang memiliki pemandangan lepas ke arah samudra hindia. Batu hiu berjarak sekitar 14 km dari pangandaran sebagai objek wisata pilihan ketika anda datang ke Pangandaran. Terletak di Desa Ciliang Kecamatan Parigi, kurang lebih 14 km dari Pangandaran ke arah Selatan. Memiliki panorama alam yang sangat indah. Dari atas bukit kecil yang ditumbuhi pohon-pohon Pandan Wong, kita menyaksikan birunya Samudra Indonesia dengan deburan ombaknya yang menggulung putih.

Pantai Batu Hiu ini terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi. Pantai ini dinamakan Batu Hiu karena ada batu yang terlihat di laut ini dan menyerupai sirip ikan hiu. Untuk menikmati indahnya pantai, kita bisa naik ke atas bukit kecil di pantai ini. Dari atas bukit itulah kita bisa melihat batu yang menyerupai sirip ikan hiu, merasakan sejuknya angin laut dan juga menikmati indahnya Samudra Indonesia.





Pantai Batu karas

Letaknya sekitar 45 menit dari Pangandaran menyusuri aliran Green Canyon. Sepanjang jalan menuju pantai ini, mata akan disuguhi pemandangan yang meneduhkan berupa aliran air berwarna hijau tosca dari Green Canyon di sebelah kiri dan hijaunya sawah atau perkebunan rakyat di sebelah kanan. Jalanan yang halus dan meliuk-liuk semakin menambah kenikmatan perjalanan menuju pantai ini. Sepertinya banyak investor yang tertarik untuk membangun di pantai ini.pantai ini merupakan pantai yang notabene sering dijadikan tujuan bagi para peselancar.
















Cukang Taneuh (Green Canyon)

Cukang Taneuh atau Green Canyon (Ngarai Hijau) adalah salah satu objek wisata di Jawa Barat yang terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis ± 31 km dari Pangandaran. Ngarai ini terbentuk dari erosi tanah akibat aliran sungai Cijulang selama jutaan tahun yang menembus gua dengan stalaktit dan stalakmit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang. Untuk mencapai tempat ini, kita harus menyewa sebuah perahu kayuh dari dermaga Ciseureuh. Perjalanannya memakan waktu kurang lebih 30-45 menit dengan jarak sekitar 3 km untuk sampai ke Green Canyon. Harga sampannya sekitar Rp.75.000 untuk maksimal 5 orang dan beroperasi setiap hari mulai dari pukul 7.30 sampai 16.00 WIB. Sepanjang perjalanan, mata kita akan dimanjakan oleh hijau teduhnya warna air sungai.Di mulut gua terdapat air terjun Palatar sehingga suasana di objek wisata ini terasa begitu sejuk. Namun jangan pergi kesini saat musim hujan karena namanya akan berubah menjadi "butek canyon". Bulan yang paling bagus untuk mengunjungi green canyon ada di sekitar bulan Juni-Agustus.




Pemandian Alam Citumang(Green Valley) 

Obyek wisata alam Citumang merupakan obyek wisata yang memiliki daya tarik khusus, yaitu sungai Citumang yang mengalir membelah hutan jati dengan airnya yang bening kebiruan. Tepian sungai yang terdiri dari ornamen batu-batu padas dengan relung dalam dihiasi relief alam dan aliran sungai yang menembus ke dalam goa. Keheningan alam akan Anda jumpai disini. Musik alami berupa gemercik air sungai, bisikan angin sepoi yang menyelinap di antara pepohonan dan suara satwa hutan yang tak pernah sepi. Obyek wisata ini terletak di Desa Bojong Kecamatan Parigi Ciamis, berjarang lebih Jalan menuju lokasi kurang 15 km dari Pangandaran ke arah barat. Atau sekitar 4 km dari jalan raya Pangandaran - Cijulang. Jarak seluruhnya dari kota Ciamis sekitar 95 km. Sungai ini saat ini sering dijadikan sebagai wisata rafting.
















Muara Karang Tirta

Karang Tirta ini terletak di Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, arah Batu Hiu belok kiri. Nanti, Anda akan menemukan pintu gerbang bertuliskan Wisata Pantai Karang Tirta. Pantai Karang Tirta ini mirip dengan sebuah bengawan. Arus lautnya tenang dan tidak berbatu karang, dengan karakteristik pantai yang landau dan luas. Anda dapat menemukan kerang kecil, ikan-ikan kecil, kepiting rajungan dan juga kumang. Di Pantai Karang Tirta, Anda dapat bermain sampan, memancing, menjala ikan, mencari teritip. Anda juga bisa belajar membuat opak Cipari, melihat pembuatan wayang golek, dan belajar menari ronggeng. Kawasan wisata Pantai Karang Tirta ini sangat cocok untuk menjadi lokasi outbond dikarenakan kondisi alam sekitarnya yang sangat mendukung. Ada kolam, muara, sungai, sawah, hutan, dan delta. Saat ini Pantai Karang Tirta sudah didukung dengan berbagai fasilitas, antara lain: kedai makanan dan minuman, pondok wisata, dan penginapan. Jangan lupa untuk mencicipi pindang gunung yang menjadi makanan khas di daerah sana.


Pantai Madasari

Pantai ini menyajikan panorama alam yang spesifik dengan pulau-pulau kecilnya berpadu dengan hijaunya datan masawah, dan dihiasi pula oleh batu-batu karang yang unik , dengan pantainya yang landai. Disekeliling objek ditumbuhi pepohonan hijau dengan hamparan dataran, serta didalamnya terdapat jalan setapak yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki menuju objek wisata pantai Batukaras. Terletak di desa Masawah Kecamatan Cimerak +20 km Dari Green Canyon ke arah selatan, dapat dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan atau sekitar 40 km dari Pantai Pangandaran.



Gua Donan

Gua Donan di Desa Tunggilis, Kecamatan Kalipucang, Pangandaran, Jawa Barat, dikenal sebagai salah satu objek wisata. Pada era penjajahan, gua itu dijadikan markas tentara Belanda. Luas areal Gua Donan ± 2,5 hektare. Gua ini memiliki delapan lubang pintu masuk dan tiga lubang pintu keluar, dengan panjang lorong sekitar 500 meter.Gua itu diberi nama Gua Donan karena dijadikan tempat ngadon atau persinggahan tentara Belanda, sekaligus sebagai tempat perlindungan dan menyimpan amunisi. Namun sayang Setelah mengalami longsor pada tahun 1994, sampai sekarang belum dilakukan perbaikan, dan banyak sisi gua yang rusak sehingga pemerintah daerah menutup objek wisata ini. Mudah-mudahan objek wisata ini dapat dibuka kembali.
















Kabupaten Pangandaran sebenarnya memiliki banyak potensi wisata yang indah yang menawarkan panorama alami yang masih bersih, semoga saja ke depannya objek wisata ini dapat terus terjaga kebersihan, kealamian serta kebersihannya. Dan kita sebagai manusia harus sadar akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Dan juga berharap ke depannya akses untuk menuju ke objek objek wisata di atas lebih dipermudah tidak hanya ojek tapi mudah-mudahan diberikan rute angkot menuju ke sana karena hampir semua pantainya jarak dengan jalan raya cukup jauh dan banyak yang memasuki perkebunan dan juga jalan menuju lokasi agak lebih diperbesar dan diaspal halus.

Peta Wisata Kab Pangandaran (Klik untuk memperbesar gambar)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar Buat Blog Saya...