Translate

Sabtu, 02 April 2016

Ganti Plat Nomor & Perpanjangan STNK di Samsat Cikarang Kab. Bekasi

Terdapat perubahan yang cukup signifikan di kantor Samsat Kabupaten Bekasi (Cikarang), kondisi bangunan Samsat lebih beda dibanding tahun sebelumnya saat saya mengajukan perpanjangan STNK, kini lebih bagus posisi loket-loketnya dan yang paling penting adalah sudah tidak ada lagi calo, dahulu banyak sekali oknum petugas yang berfungsi sebagai calo yang biasa menawarkan jasa per'calo'anya di sekitar area pengisian formulir atau parkiran namun saat ini yang saya alami sudah tidak terlihat lagi yang namanya calo dan pungli (red : pungutan liar). Saat ini kondisi samsat kabupaten Bekasi (Cikarang) sudah makin nyaman dan juga prosesnya sudah makin cepat. Pelayanan samsat bersama kabupaten Bekasi (Cikarang) makin baik.

Kemarin saya melakukan perpanjangan STNK sekaligus mengurus plat nomor baru karena masa berlakunya sudah habis (perpanjangan 5 tahun sekali). Saya tiba di samsat sekitar pukul 08:00 dan jam 10:00 saya sudah dapat menyelesaikan semua tahapan dalam memperpanjang STNK dan Urus Plat Nomer Baru. Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan perpanjangan STNK dan Plat nomor yang sudah habis masa berlakunya (tiap 5 tahun sekali) di kantor samsat Cikarang yang beralamat di Jalan Industri Pasir Gombong No.14, Cikarang, Kab Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.

Flow Process Ganti Plat Nomor (Perpanjangan 5 tahun sekali)

1. Cek Fisik Kendaraan / Gesek Nomor Mesin & Rangka (sekitar 35 menit)

Untuk proses ganti plat nomer baru (perpanjangan 5 tahun sekali), sebelum memasuki ruangan gedung utama untuk melakukan proses perpanjangan STNK terlebih dahulu harus melakukan proses cek Fisik Kendaraan / Gesek nomor mesin dan rangka yang berada di sebelah kiri gedung utama (dari arah pintu masuk areal samsat). Antrikan kendaraan kemudian langsung menuju loket pendaftaran cek fisik dengan menyerahkan dokumen seperti fotokopi BPKB, fotokopi STNK 2 rangkap, fotokopi KTP dan siapkan KTP asli untuk persiapan jika sewaktu-waktu diminta, serta surat kuasa jika dilakukan oleh kuasa. Untuk proses cek fisik ini gratis tidak ada pungutan biaya apapun. Setelah diregistrasi kemudian kita akan mendapatkan kertas gesek, kemudian berikan kertas gesek tersebut ke petugas bagian gesek mesin dan rangka. Tunggu hingga nama kita dipanggil dan nanti kita akan menerima form kuning yang berisi pengesahan proses cek fisik beserta dokumen lampiran yang kita serahkan sebelumnya saat pendaftaran untuk kemudian dibawa ke dalam gedung utama untuk proses selanjutnya (perpanjangan STNK). Setelah digesek taruh kendaraan di parkiran yang semestinya ya karena sudah tidak diperlukan kendaraan lagi untuk proses berikutnya.

loket pendaftaran cek fisik R2/R4

2. Cek kelengkapan dokumen & isi formulir

Dari tempat cek fisik kita langsung menuju ke dalam gedung utama untuk melakukan proses perpanjangan STNK. Di pintu masuk (sebelah kanan) akan ada petugas yang melayani kita untuk melakukan proses pengecekan kelengkapan data lampiran sebagai syarat untuk mendapatkan formulir perpanjangan STNK (form biru). Setelah pengecekan dokumen lengkap kemudian kita akan mendapatkan formulir perpanjangan STNK. Isi terlebih dahulu formulirnya sesuai dengan ketentuan.

contoh cara pengisian formulir yang banyak terpampang di samsat
 
3. Antri untuk dipanggil loket pendaftaran perpanjangan STNK (sekitar 35 menit)

Setelah formulir diisi dengan lengkap dan benar, kemudian serahkan form kuning (cek fisik) dan form biru (perpanjangan STNK) beserta berkas lampiran (fotokopi BPKB, STNK, KTP dan KTP asli, surat kuasa) ke bagian pendaftaran yang berada di sebelah kiri dari pintu masuk. Kemudian silahkan duduk menunggu panggilan untuk proses selanjutnya yaitu melakukan pembayaran pajak dan administrasi ke loket pembayaran. Di tahap ini petugas akan melakukan penginputan data sehingga kita perlu menunggu agak lama di bagian ini.

Area tunggu samsat cikarang
Setelah dipanggil kita akan mendapatkan nomor antrian untuk ke loket pembayaran

4. Membayar pajak & Administrasi di loket pembayaran 

Setelah dipanggil kembali oleh bagian pendaftaran, kita akan mendapatkan nomor antrian loket pembayaran. Kemudian kita bisa berpindah ke bagian loket pembayaran untuk melakukan pembayaran pajak & administrasi. Kemudian loket akan menyerahkan bukti pembayarannya yang akan diserahkan ke loket penyerahan STNK untuk pengambilan STNK kita.

tanda bukti yang didapat setelah melakukan pembayaran digunakan untuk pengambilan STNK

5. Antri di ruang penyerahan STNK (sekitar 25 menit)

Setelah melakukan pembayaran di loket pembayaran kemudian kita langsung menuju ke tempat penyerahan STNK yang berada di belakang loket (kiri belakang). Silahkan duduk santai sambil nonton tv dengan ruangan ber-AC sampai nama kita dipanggil untuk diserahkan STNK baru/perpanjangan (jangan lupa ambil KTP asli kita saat proses ini).

contoh STNK 2 rangkap

6. Menuju tempat pencetakkan plat nomor (sekitar 25 menit)

Setelah menerima STNK baru/perpanjangan kemudian kita keluar dari gedung utama untuk menuju ke belakang gedung utama untuk melakukan proses cetak plat nomor. Serahkan STNK ke loket, kemudian tunggu kira kira kurang lebih 25 menit menunggu panggilan kembali untuk pengambilan plat nomor (jangan lupa STNK yang kita serahkan diminta kembali). Di loket ini juga gratis ya sisbro, kita sudah tidak perlu keluar uang lagi karena kita sudah membayar semua keperluan administrasi dan pajaknya di loket pembayaran yang berada di dalam gedung utama.

contoh plat nomor
 
Saya sekarang makin suka mengurus perpanjangan SIM & STNK langsung ke kantornya karena saat ini prosesnya sudah cepat tidak bertele-tele, kantornya sudah makin nyaman dan pelayanannya sudah makin baik dan yang paling penting sudah tidak perlu lagi calo-caloan yang bisa menyebabkan biaya pengurusan menjadi membengkak karena sistem terdahulu yang ribet sehingga mendingan pake jasa calo yang simple cepet jadi tinggal ngadem di bawah pohon atau warung kopi (red : ini kondisi jaman dahulu yang masih marak yang namanya sistem percaloan)



alur proses perpanjangan STNK & plat nomor di Samsat Cikarang (klik gambar untuk melihat ukuran besar)




 
Semoga pelayanan kantor Samsat kabupaten Bekasi terus membaik, dan waktu menunggunya pun lebih pendek, maju terus pelayanan publik di semua instansi kabupaten Bekasi yang sangat terkenal dengan tindakan percaloan dan sogok menyogok pakai uang biar prosesnya cepet beres. Ingin Sekali image plat merah dari yang "kalau bisa dipersulit kenapa harus dipermudah" berubah menjadi "kalau bisa dipermudah kenapa harus dipersulit, kan rakyat yang membayar kita dengan pajak dan pungutan lainnya bukan rakyat yang ada kepentingan butuh akan layanan pemerintah sehingga harus membayar"






31 komentar:

  1. nice share gan, kebetulan pengen perpanjang stnk 5 taun di cikarang dan ga tau cara'a hehe

    BalasHapus
  2. kita datang berati langsung ke tempat cek fisik ya gan..
    g daftar dlu untuk perpanjangan?

    BalasHapus
  3. cek fisik dulu di luar gedung baru ke dalam untuk pendaftaran perpanjangan STNK

    BalasHapus
  4. kalo mau pajek pakai surat kuasa... motor nama si A yg ngurus pajek saya si B... apakah ktp A dan ktp B diperlukan untuk pengurusannya...????
    kebetupan saya beli motor second

    BalasHapus
  5. Buat yg punya blog / adminnya.

    Ane mau tanya, kl cabut berkas apa KTP nama tertera diperlukan ya?

    Atau KTP yg buat mutasi masuk saja.

    Ane mau cabut berkas ke wilayah surabaya.

    Mohon infonyA. Thx.

    BalasHapus
  6. pakai surat kuasa bisa mas, saya juga ngurus pajek pake itu soal'a motor beli di saudara, ktp kita sama yg punya motor'a dibawa mas paling ntar ditanya pas dipanggil siapa'a yg punya motor

    BalasHapus
  7. Minta solusi gan.. Ane beli motor plat Cikarang dan mau pajak dan perpanjangan plat nomor.. Sedangkan pemilik yg tercantum di BPKB udah pindah rumah dan ga tau alamat nya gimana.. Tanpa melampirkan FC KTP bisa ga ya gan..?? Minta solusinya saya harus gimana..

    BalasHapus
  8. Numpang nanya kl mau cabut berkas tetapi stnk asli hilang adanya foto kopy bisa tidak ya? Karena pemilik pertama sudah pindah alamat?

    BalasHapus
  9. Sy mau nanya kl bpkb sy tdk ad krn bpkb sy gadaikn bs g perpanjang stnk n plat nomer berjln soalny mtr sy sdh 5 thn jd hrs ganti semua.mohon penjelasan secptny trima ksh.

    BalasHapus
  10. Klau ganti plat apa di stnk akan d stempel pengesahan

    BalasHapus
  11. gan untuk biaya ganti plat 5 thunan sepeda motor plust pajak berapa

    BalasHapus
  12. Kl cabut berkas dr cikarang ke jogya 1 hari selesai nggak ya

    BalasHapus
  13. mau tanya pak.
    adik saya ada beli motor second belum balik nama,sekarang mau urus buat STNK baru sekaligus balik nama dan pindah Alamat ke bekasi kota.
    bagaimana cara urusnya kalau identitas / KTP org pertama tidak ada ( ybs sudah pindah ke subang ). mohon pencerahannya pak.. dan untuk estimasi biaya kira2 berapa rupiah ya pak ?

    terima kasih..

    BalasHapus
  14. siang pak..
    mau tanya..

    adik saya ada beli motor second dan saat ini mau buat STNK baru ( krn hilang ), sekaligus balik nama dan pindah Alamat.
    kalau KTP pemilik ranmor pertama tidak ada apakah masih dapat diproses ?
    bagaimana cara dan kira2 estimasi biayanya brp ya ?

    terima kasih..

    BalasHapus
  15. Info donk..Sabtu buka g ya..Samsat Cikarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak saya kan mau perpanjang udah 3 thun kira kira kalo kaga bawa ktp aslinya bisa ngga ya..? Soalnya ilang ktp aslinya yang punya paman saya udah meninggal

      Hapus
  16. Mau tanya bisa kah merubah no NIK ektp yg ada di stnk dan bpkb karena ktp saya ada kesalahan

    BalasHapus
  17. Mau tanya apakah no nik ktp yg ada pada stnk dan bpkb bisa di rubah karena ada kesalahan di ktp lama

    BalasHapus
  18. Motor saya kampung minta gesek bantuan di samsat cikarang kira2 biayanya berapa ya??
    Terimaksih

    BalasHapus
  19. Numpang tanya gan..
    Kalo plat nomer rusak
    Meminta dibuatkan yang baru apa prosedurnya trus bisa ga disamsat cikarang

    Teriama kasih

    BalasHapus
  20. Permisi agan numpang nanya..

    Plat nomor saya rusak dan saya mau ganti bagaimanakah prosedurnya..
    Saya tadi pagi kesamsat cikarang katanya suruh bikin dimetro jaya..
    Aku bingung.

    Terima kasih

    BalasHapus
  21. Pak, gmna jika ktp pemilik pertamanya tidak ada? Apa masih bisa bayar pajak stnk 1 tahunan??

    BalasHapus
  22. Pak, apakah jika ktp asli atau poto copy pemilik tangan pertama nya tidak ada, apa masih bisa bayar pajak stnk 1 tahunan?? Soal nya saya cari orang nya gk ketemu ketemu.

    BalasHapus
  23. mau tanya gan kalo mau pajak 1 taunan tp tanpa ktp pemilik pertama bisa gak yah soalnya ane beli seken

    BalasHapus
  24. mau tanya gan , pajak 1 taunan kalo ga pake ktp pemilik sesuai stnk bisa gak ya? soalnya ane beli seken

    BalasHapus
  25. Kalo mau ganti flat dari B(bekasi) ke F(bogor) gimana ya gan, klo ada yg tau tolong share om. Mksh

    BalasHapus
  26. Ane baru aja gan bayar pajak vixion th 2012...ganti stnk tahunan..ganti flat 5 th se kali.dan motor tersebut kena denda progresif krn mtr k 2 atas nama yg sama...dan ane minta ganti alamat di bpkb..krn ktp ane yg baru udh pindah alamat...dan ane setelah pdftran cek fisik...petugas langsung ksh tau...kalo ganti almat di bpkb harus k metro jaya...3 minggu baru jadi...walah ane krj pagi terus.. pasti ribed bangat bagi waktu nya...dan petugas pun menawarkan bantuan nya...semua nya kena biaya 970 ribu...padahal ane ga pernah telat bayar pajak.walah....ane tawar jg ga boleh..kata nya bukan nya di tambahin malah di kurangin...akhir nya dgn berat hati..ane relain dgn biaya tersebut..stnk dan flat kata jadi hari ini.tp kalo bpkb dgn alamat baru 10 hari baru bisa di ambil...ada ga yg pernah ngalamin hal seprti ane gan

    BalasHapus
  27. Kalau lima tahun harus bawa motornya ya gan jdinya buat cek fisik
    Kalau gak dibawa gak bisa nieh😆😆.krena ane motor bekasi tapi pindah domisili ke depok kan lumayan jaraknya
    Please info gan

    BalasHapus
  28. Terima kasih untuk informasinya bos... sukses selalu..

    BalasHapus

Berikan Komentar Buat Blog Saya...