Translate

Minggu, 06 Desember 2015

Trip Jakarta - Sumedang PP 1 hari

Kabupaten Sumedang, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah kecamatan Sumedang Utara, Sumedang, sekitar 45 km Timur Laut Kota Bandung. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Indramayu di Utara, Kabupaten Majalengka di Timur, Kabupaten Garut di Selatan, Kabupaten Bandung di Barat Daya, serta Kabupaten Subang di Barat.

Kabupaten Sumedang terdiri atas 26 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Sumedang, ibukota kabupaten ini, terletak sekitar 45 km dari Kota Bandung. Kota ini meliputi kecamatan Sumedang Utara dan Sumedang Selatan. Sumedang dilintasi jalur utama Bandung-Cirebon.

Bagian Barat Daya wilayah Kabupaten Sumedang merupakan kawasan perkembangan Kota Bandung. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri), sebelumnya bernama STPDN (Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri), UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), ITB (Institut Tekhnologi Bandung), serta Universitas Padjajaran berlokasi di Kecamatan Jatinangor.

Sebagian besar wilayah Sumedang adalah pegunungan, kecuali di sebagian kecil wilayah Utara berupa dataran rendah. Gunung Tampomas (1.684 m), berada di Utara Sumedang.
sumber : wikipedia
My Trip To Sumedang

Ini adalah pertama kalinya saya mengunjungi Sumedang, saat ada waktu luang dan pas lagi nggak ada acara saya ngebolang aja naik bus seperti biasa. Untuk di wilayah Jawa Barat Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran sudah sering. Ke Subang sudah tiga kali untuk membeli nanasnya yang manis dengan harga yang lebih murah ketimbang beli di Jakarta. Cirebon, Indramayu sudah pernah ke sana (dan saya sama sekali tidak tertarik untuk jalan jalan lagi ke sana). Bekasi sudah sehari hari karena tinggalnya di sini. Karawang, Cikampek, Purwakarta juga sudah pernah. Bingung ke mana lagi nih? target saya ingin mengunjungi semua tempat walau tidak ada sesuatu yang menarik dari tempat tersebut, yang penting jalan dan supaya tahu aja daerah daerah tersebut situasinya seperti apa.

Bergeser sedikit dari sekitaran Bandung, Garut dan Subang yaitu Sumedang. Yang saya tahu dari Sumedang mah cuma tahu Sumedang. yang lainnya mah tidak tahu, maka dari itu saya suka berpetualang di tempat yang belum pernah saya kunjungi untuk mengetahui ada apa saja yang bisa dijadikan daya tarik dari tempat tersebut.

Untuk menuju Sumedang dari Jakarta kita bisa naik Medal Sekarwangi dari Kampung Rambutan / Pasar Rebo tujuan terminal Ciakar Sumedang. Bisa juga Naik dulu bis tujuan Garut atau tasik nanti turun di cileunyi lanjut naik angkot 05 Cileunyi-Sumedang. Enakan naik bus primajasa kalo mau ke cileunyi dari Jakarta atau Bekasi karena tarifnya lebih murah ketimbang Budiman karena di budiman jauh dekat tarifnya sama dengan tarif Garut atau Tasik sedangkan Primajasa lebih murah. Misal tujuan Tasik atau Garut seharga Rp.50.000, jika naik Budiman turun di Cikeunyi bayarnya tetap Rp.50.000 sedangkan jika naik primajasa bayarnya tidak RP.50.000 jadi cuma bayar Rp.20.000 misalkan.

Pkl 06:30 saya sudah berada di dalam kabin bus Medal Sekarwangi Eksekutif body Skorpion King berbalutkan bangku aldila seat 2-2 tujuan Kampung Rambutan - Sumedang dengan tarif Rp. 60.000 dan Rp. 70.000 untuk tujuan Wado.

interior bus medal sekarwangi executive scorpion king

Pkl 07:30 bus meluncur keluar terminal, Pkl 08:00 baru masuk tol JORR Cikunir karena lama cari penumpang. Waktu itu kondisi penumpangnya sangat sepi. Pkl 09:10 masuk tol cipularang, situasi jalan tol sepi jadi bisa ngeblong. Beberapa saat kemudian masuk Rest Area KM 72A (LOVE) untuk isi solar dan checker.

Rest Area KM 72A
Kebun teh Wallini yang berada di pinggir tol Cipularang
Jembatan Cikubang tol Cipularang
Pemandangan menuju exit tol Cileunyi

Pkl 10:35 keluar tol Cileunyi yang di perempatannya banyak dijual tahu Sumedang. Tidak jauh dari situ kita sudah memasuki gerbang Sumedang Jl Jatinangor. Di sepanjang jalan ini kita akan menemukan banyak kampus dan salah satu kampus yang terkenalnya misalkan Unpad, ITB dan IPDN.

pertigaan menuju gerbang masuk Sumedang dari arah tol Cileunyi

Pkl 10:57 masuk wilayah Tanjung Sari Sumedang, selepas pasar tanjung sari jalanan macet banget karena banyak truck sedangkan jalanan kecil dan naik turun kelak kelok. Truk sangat mengganggu perjalanan menuju Sumedang, karena sepanjang jalan akan banyak ditemukan truk truk bermuatan pasir, batu dan lain lain melewati jalur Bandung-Sumedang-Cirebon. Sudah jalanannya kecil kelak kelok naik turun, truk gede gede, laju nya sangat lambat, jika di depan kita ada truk ya sudah wassalam, sudah buat jalan cepet dan susah juga buat disalip jika keadaan jalan sedang ramai.

Pasar Tanjung Sari

Pkl 11:00 sampai di daerah cadas pangeran ciherang, pemandangan di sini keren banget, kita jalan di pinggir jurang dalam dengan pemandangan bukit jurang sawah di sebelah jalan.

Rumah Padang yang nampak di atas bukit di antara jatinangor dan cadas pangeran
Cadas Pangeran

Pkl 11:26 memasuki Jl Pangeran Kornel Pesanggrahan jalan mulai lebar dan halus, lagi lagi macet jalanan penuh dengan truk truk besar.

Berikut adalah penampakkan jalan sepanjang Bandung-Sumedang yang sempit namun padat ditambah lagi banyak truk truk besar yang jalannya lamban menambah parah kemacetan :

Pkl 11:30 sampai di perempatan polres, pkl 11:35 masuk jl pangeran sugih, pkl 11:39 masuk Bojong dan beberapa saat kemudian sampailah di terminal Ciakar Sumedang.

Elf Bandung-Sumedang-Cirebon
Angkot 04 rute Cileunyi - Sumedang
Perempatan polres Sumedang
Perempatan Polres Sumedang
Terminal Ciakar Sumedang

Pulang dari Sumedang untuk kembali ke Jakarta saya naik bus Bhineka AC seat 2-2 Jurusan Cirebon-Sumedang-Bandung dengan melewati jalur yang sama saat saya dari Jakarta menuju Sumedang dengan trif Rp.30.000. Turun di Cileunyi kemudian lanjut naik bus Primajasa AC seat 2-2 dengan tarif Rp.22.000 untuk menuju ke Bekasi.

Seat Bus Bhineka Cirebon - Bandung
Rest Area Bus Bhineka Cirebon-Bandung
Interior bus Bhineka Cirebon-Bandung & Abang abang tukang tahu
dengan bronjong yang menumpuk di kepalanya