Translate

Jumat, 23 Oktober 2015

Jelajah Kota Subang (Part 3) - Jalan Pagi ke Jalan Cagak

Hari Kedua di Subang

Pagi harinya di hari kedua sebelum saya checkout saya menyempatkan diri untuk mencari oleh oleh khas Subang yaitu nanas. Subang terkenal dengan nanasnya sehingga di pertigaan jalan Cagak dibuatkan tugu berbentuk buah nanas. Setelah mandi dan sarapan pagi saya kemudian ada plan menuju ke pasar jalan cagak.

Sarapan pagi saya di hotel
 
Saya naik angkot warna biru abu abu dari perempatan Wisma Karya pos polisi menuju jalan cagak. dengan tarif Rp. 4.000 menempuh perjalanan selama kurang lebih setengah jam. Beberapa meter dari Wisma karya menuju jalan cagak - Bandung kita akan melewati perbatasan kota subang dengan gapura intan nya yang berbentuk  gubug.

Gapura Intan dengan tugu gubugnya yang unik

Kondisi jalan saat itu lumayan lengang, konturnya kelak kelok dan naik turun. Tibalah di suatu tempat dimana sudah mulai penampakkan hamparan kebun teh, itu menandakan bahwa sebentar lagi sudah akan tiba di pertigaan jalan cagak.

Di sepanjang kebun teh banyak dijajakan nanas subang di gubug gubug pinggir jalan. Namun saya memutuskan untuk carinya di pasar jalan cagak saja dengan pemikiran di pasar bisa membeli nanas dengan harga yang lebih murah ketimbang yang di jual di pinggir jalan.

Sampailah di pertigaan jalan cagak dengan ciri khas tugu nanasnya. Wehhh.. minggu lalu tugu nanasnya hitam sekarang sudah diwarnai. Setelah dirombak oleh Aqua terdapat kontroversi atas tugu nanas ini, kenapa bisa demikian? ini dikarenakan tugu nanas baru yang dibangun oleh aqua warnanya hitam yang sebelumnya tugunya memiliki bentuk dan warna seperti nanas asli. Hingga muncul statement "Weh nanas subang na geus brubah dadi nanas busuk" karena nanasnya berwarna hitam. Namun kemarin saat saya ke jalan cagak lagi nanasnya sedang dicat dengan warna yang hampir sama seperti warna tugu nanas yang pertama kali dibangun.

Bentuk tugu nanas awal pembangunan
Tugu nanas "busuk" hasil rombakan AQUA yang saya photo minggu lalu
Tugu nanasnya kemarin pas saya ke sana sudah disegarkan kembali :)

Angkot sudah sampai di pasar jalan cagak, pas saya masuki pasarnya ternyata "ZONK!!!".. Pasarnya sepiii buanggeeeetttt gak ada apa apa. yang terlihat ada aktivitas jual beli hanya di bagian depannya saja namun di dalamnya kosong mlompong gak ada apa-apa. Saya tanya ke ibu-ibu yang jualan buah menanyakan disini klo mau beli nanas dimana. Ibunya bilang klo di pasar mah gak ada yang jual nanas. Yang jual nanas ada di pinggir jalan sekitaran jalan cagak. So, baliklah lagi saya ke tempat dimana tadi pas di angkot melihat banyak dijual nanas di pinggir jalan sekitar kebun teh.

Gubug penjual nanas pinggir jalan sepanjang jalan cagak

Gubug penjual nanas pinggir jalan sepanjang jalan cagak

Nuansa kebun teh menjelang jalan cagak

Nuansa kebun teh menjelang jalan cagak

Dari pasar jalan cagak saya jalan kaki kembali ke pertigaan tugu nanas jalan cagak untuk mencari angkot menuju ke Wisma Karya kembali. Angkot ngetem lama banget gila. Sekitar setengah jam menunggu angkot berangkat dan yang bikin males lagi ternyata pas banget beberapa meter di depan tempat mobil angkot ngetem ada banyak jualan nanas berderet. Jiah.. rugi Rp. 4.000 dah gw buat naik angkot. Udah kadung di dalem angkot gak enak mobil baru jalan gw udah turun, akhirnya ya sudah saya menuju ke tempat jualan nanas yang di areal kebun teh saja sekalian menikmati hawa kebun teh.

Pangkalan angkot Jalan Cagak - Subang

Tiba di warung yang saya tuju, saat dari subang menuju arah jalan cagak saya melihat ada sebuah toko yang kelihatan nanasnya besar besar jadi saat kembali saya langsung ke warung tersebut. Saya disambut oleh ibu ibu setengah tua yang ternyata orang kediri (walah selama gw ke subang orang yg gw temui kenapa orang jawir semua? tapi beruntung deh jadi saya komunikasinya gampang). Saya minta ke ibu tersebut untuk dicarikan nanas yang paling besar. Saya di bawa masuk ke dalam karena nanas yang paling besar adanya di dalam. Saya pilih-pilih dan saya tanya harganya, awalnya ibu itu memberikan harga penawaran Rp. 25.000 per buah, tapi saya gak mau.. saya maunya kasih harga Rp. 20.000 saja. Agak sempat lama tawar menawar akhirnya harga tetap jatuh di angka Rp. 25.000 per buah nanti akan dikasih tambahan nanas kecil sama ibunya. Saya tanya tambahannya dapet nanas. Ibunya nanya memangnya mau beli berapa. Saya jawab "ya klo 20rb paling cuma beli 4". Ibu langsung kasih jawaban "ya sudah nanti saya tambahin 3 nanas kecil".

Setelah deal, saya langsung ubek ubek tumpukan nanas dan mencari nanas yang sudah berwarna kuning yang ukurannya paling besar. Ini nanas yang saya dapatkan :

Nanas yang saya dapatkan dengan budget Rp. 100.000







2 komentar:

Berikan Komentar Buat Blog Saya...