Translate

Sabtu, 10 Oktober 2015

Danamon Online Banking Sudah Bisa Untuk Beli Tiket Kereta Api

Sudah agak lama tidak beli tiket kereta api di kereta-api.co.id , jadi ceritanya kemarin saya sedang cari tiket kereta api untuk orang tua saya pulang ke kampung di cilacap untuk silaturahmi. Saat saya membelikan tiket untuk bapak dan ibu ke cilacap melalui website resmi kereta api indonesia ternyata ada yang baru saat proses pembayaran yaitu adanya tambahan pilihan pembayaran melalui Danamon Online Banking. Saya mencoba membuka website danamon online banking namun saya gak menemukan link pilihan transaksi untuk pembayaran kereta api. Trus Bagaimana cara beli tiket kereta api melalui Danamon Online Banking?

Saya cari informasi di situs resmi PT Kereta Api Indonesia dan ternyata PT KAI melakukan MOU dengan PT Bank Danamon Tbk tentang Penyelesaian Transaksi Pembayaran Tiket Kereta Api melalui Mesin Electronic Data Capture (EDC) di Hotel Hilton Bandung, Jl. HOS Tjokroaminoto No. 41 - 43 Bojonagara, Bandung. Dengan kerjasama EDC Bank Danamon ini diharapkan dapat mempermudah pelanggan KAI dalam melakukan pembayaran tiket KA dengan cepat, mudah, dan nyaman, bagi nasabah Bank Danamon pada khususnya dan nasabah bank lain pada umumnya. PT KAI tertarik untuk melakukan kerjasama ini, dikarenakan pada saat ini PT KAI sedang mengusahakan untuk meminimalkan pembayaran secara tunai termasuk meminimalkan kas di stasiun sehingga mengurangi risiko cash handling. wah kabar bagus sekali buat saya dikarenakan fasilitas ini akan semakin mempermudah saya dalam melakukan proses transaksi.

Penandatanganan MoU oleh Direktur Keuangan PT KAI, Kurniadi Atmosasmito dan Direktur Bank Danamon, Muliadi Rahardja (sumber : https://www.kereta-api.co.id)
Direktur Keuangan PT KAI, Kurniadi Atmosasmito dan Direktur Bank Danamon, Muliadi Rahardja menunjukkan piagam MoU (sumber : https://www.kereta-api.co.id)

Mungkin banyak blogger's yang baru tahu tentang kabar ini, lalu bagaimana cara melakukan transaksi pembelian tiket kereta api menggunakan danamon online banking di website PT KAI? karena di website Danamon Online Banking sendiri belum ditemukan pilihan menu untuk pembayaran tiket kereta api (saat ini baru ada untuk pembayaran tiket garuda).

Buat blogger's yang bingung dan belum tahu caranya, berikut akan saya jelaskan caranya :

Langkah pertama sama seperti langkah pada umumnya saat melakukan reservasi tiket kereta api melalui official website PT Kereta Api Indonesia (Persero). Masuk ke link Pemesanan Tiket Kereta Api kemudian pilih tanggal keberangkatan, stasiun asal, stasiun tujuan dan jumlah penumpang lalu tekan tombol Tampilkan.

Akan muncul pilihan kereta api, jam keberangkatan, dan kelas gerbong yang disediakan. Pilih tombol booking untuk memilih kereta yang akan kita tumpangi nanti.

Setelah menekan tombol booking maka terlebih dahulu ditampilkan layar informasi reservasi yang berisi informasi keberangkatan kereta api beserta form persetujuan atas untuk mematuhi persyaratan dan ketentuan reservasi tiket PT Kereta Api (Persero) termasuk pembayaran dan mematuhi semua aturan dan 
                 pembatasan mengenai ketersediaan tarif atau jasa.

Setelah menyetujui syarat dan ketentuan pemesanan kemudian proses berlanjut ke form pengisian data penumpang. Isilah data sesuai dengan kartu identitas, sertakan nomor handphone yang aktif dan juga email yang aktif karena nanti hasil form bookingnya akan terkirim ke alamat email. Jika data telah diisi semua 
                dengan benar kemudian tekan tombol lanjutkan. Jangan lupa isi Captcha code.

Kemudian akan masuk ke layar konfirmasi pembayaran. Di form ini kita bisa melakukan pindah tempat duduk dengan menekan tombol pindah. Di form pembayaran saat ini (oktober 2015) terdapat delapan pilihan cara pembayaran transaksi reservasi tiket (ATM, BCA Klik Pay, CIMB clicks, e-pay BRI, SYKE, 
                DOKU Walet, Kartu Kredit Visa & Master Card, Danamon Online Banking)

Pilih jenis pembayaran via Danamon Online Banking, kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut :

Tekan tombol Proceed untuk memproses transaksi, selama masa proses jangan tutup layar sampai proses pembayaran selesai dan tampil layar berikut :

Masukkan username dan paswword danamon online banking kita. Tekan Enter kemudian proses akan berlanjut ke layar syarat dan ketentuan berikut :

Tekan tombol Lanjut jika telah membaca syarat dan ketentuan yang berlaku untuk menuju ke proses selanjutnya. Setelah menekan tombol Lanjut maka akan tampil layar berikut :

Masukkan kode One Time Password (OTP) yang kita terima melalui token dan sms lalu tekan tombol Lanjut. Setelah menekan tombol Lanjut maka akan menuju layar status transaksi sukses/gagal seperti tampilan di bawah ini :


Jangan lupa untuk mencetak bagian layar konfirmasi ini sebagai bukti transaksi kita, setelah dicetak kemudian tekan tombol Lanjut untuk menyelesaikan proses transaksi pembayaran. dan tunggu beberapa menit hingga dikirimkan lembar konfirmai booking resmi dari pihak PT KAI ke alamat email kita (alamat email 
                sesuai dengan yang kita input di form pemesanan). 

-selesai-


4 komentar:

  1. kalau belum di procced tapi udah terlanjur di close, untuk mengeluarkan kode pembayaran lagi bagaimana ya?

    BalasHapus
  2. oh klo masalah itu saya kurang tahu. bisa menghubungi 121 atau 021-121 (PT KAI) atau 1-500-090 (Hello Danamon) untuk masalah teknis yang terjadi.

    BalasHapus
  3. terus kalau selesai, untuk dapat tiket nya kita harus gmn?

    BalasHapus
  4. Dear Agung Fitri
    Jika sudah selesai proses pemesanan via danamon online banking bisa dilanjutkan ke proses biasa yaitu mencetak tiket di mesin cetak mandiri yang teletak di loket loket stasiun keberangkatan

    BalasHapus

Berikan Komentar Buat Blog Saya...