Translate

Selasa, 13 Oktober 2015

Beberapa Bunga Yang Biasa Dijadikan Masakan Tradisional Nusantara

Beragamnya warisan kuliner tradisional nusantara perlu kita jaga eksistensinya agar jangan sampai makanan tradisi kita kalah dengan makanan luar yang masuk dan berkembang di negeri kita yang disebabkan karena generasi muda kita lebih menyukai makan junk food ketimbang makan makanan tradisional yang kaya akan bumbu, rempah, rasa dan khasiat.


Beberapa bunga yang biasa dijadikan masakan indonesia ini mungkin ada yang sudah pernah mencoba memakannya dan ada juga yang belum pernah memakannya, berikut penjelasannya :

Bunga Turi

Mungkin bunga ini sudah sering di nikmati oleh kita yang suka makan pecel di daerah sekitar solo, jogja atau madiun. Di daerah tersebut biasanya menyertakan kembang turi dan klanding bahan yang tidak biasa kita jumpai jika membeli pecel di daerah lain apalagi di ibukota. Ada juga yang menyertakan kembang turi ke dalam sayur asem. Bunga turi ada yang berwarna merah dan ada yang putih namun umumnya yang biasa dijadikan pelengkap masakan yaitu kembang turi berwarna putih.

Kandungan :
Bunga turi mengandung : Kalsium, zat besi, zat gula, vitamin A dan B. Kulit batang tanaman turi mengandung: Tanin, egatin, zantoagetin, basorin, resin, calsium oksalat, sulfur, peroksidase, zat warna.Daun tanaman turi mengandung: Saponin, tanin, glikoside, peroksidase, vitamin A dan B.

Khasiat :
Mengobati Sariawan, Sakit Tenggorokan, Radang tenggorokan, Disentri dan berak darah, Kuku Bengkak, Mengobati Keputihan, Mengobati Batuk biasa dan Batuk Berdahak, Demam Nifas, Hidung berair dan Sakit Kepala, Cacar air dan demam, Badan Pegal Linu, Manfaat bunga turi bagi payudara yaitu untuk menambah ASI bagi ibu yang menyusui, Manfaat bunga turi untuk kecantikan yaitu untuk melembutkan kulit.

Bunga Kecombrang


Mungkin sudah banyak orang yang tahu mengenai wujud bunga kecombrang dan pernah memakannya juga, namun tidak sedikit juga orang yang belum mengetahui apa itu bunga kecombrang dan bagaimana rasanya bunga kecombrang jika dijadikan makanan. Kecombrang atau biasa orang sunda menyebutnya honje memiliki cita rasa wangi segar. Sangat cocok jika dijadikan sambal kecombrang, tumis teri kecombrang, atau pecel kecombrang.


Kandungan :
Selain mempunyai manfaat yang begitu melimpah untuk setiap bumbu masakan, ternyata kandungan gizi atau butrisi pada bunga kecombrang sangatlah banyak dan bervariasi. Dari beberapa kadungan gizi kecombrang tersebut adalah : Air, Fosfor, Kalium, Kalsium, Karbohidrat, Lemak, Protein, Seng dan Zat Besi.

Khasiat :

Menurunkan penyakit demam atau demam, Mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh, Menguatkan tulang dan gigi, Menambah tenaga atau energi, Mencerdaskan dan juga meningkatkan kinerja dari otak, Melancarkan peredaran darah, Penambah darah Alami dan mampu mencegah anemia, DLL.

Jantung Pisang

Jantung pisang atau ada juga yang menyebutnya montong merupakan bunga dari tanaman pisang sebelum buah pisang terbentuk. Biasa dibuat pecak, tumis atau sayur kuah santan. Bunga yang biasanya dibuang dan hanya diambil tandan buah pisangnya saja ini ternyata memiliki cita rasa yang nikmat saat dijadikan masakan.

Kandungan :
Di dalam jantung pisang terdapat fosfor, kalsium, vitamin C, mineral, vitamin B1.


Khasiat :
Jantung pisang di anggap salah satu makanan yang lengkap akan nutrisi. Jantung pisang juga sangat baik untuk berdiet. Karena jantung pisang memilki sedikit lemak. Aman dikonsumsi penderita diabetes. Jantung pisang memiliki indek glikemik rendah, menjadi insulin yang mampu membantu mengubah senyawa glukosa ke energi cukup sedikit, Membantu usus bergerak secara stabil, sehingga dapat membuat pencernaan di dalam tubuh lancar jaya.Membantu mengeluarkan kolesterol jahat di dalam tubuh, dan membuangnya melalui buang air besar. Mengurangi dampak sakit jantung dan stroke. Membantu kalian untuk berhemat, karena harganya sangat murah. Bahkan disini jantung pisang dibuang-buang. Yang terahir tentu membuat kita kenyang .

Bunga Pepaya


Secara morfologis, bunga pepaya juga memiliki bentuk serupa terompet kecil. Warnanya kuning pucat cenderung putih dan dilengkapi dengan tangkai. Bunga ini tumbuhan pada batang tetapi pada pepaya jantan, bunganya tumbuh pada tangkai yang memanjang. Bunga pepaya lazimnya ditemukan pada area pucuk pohon pepaya. Bunga pepaya memiliki karakteristik rasa yang pahit sama seperti daunnya. Untuk mendapatkan khasiat bunga pepaya ini, tentu diperlukan ketelatenan dalam hal konsumsi. Bagi Anda yang tak menyukai rasa pahit bunga pepaya, jangan takut sebab ada banyak terik untuk mereduksi rasa pahit tersebut. Salah satunya adalah dengan merebus bunga pepaya dengan daun jambu air sebelum diolah menjadi tumisan dan jenis kuliner lainnya. Cara lainnya dengan mengurapi bunga pepaya dengan garam agar getahnya hilang.

Kandungan :
kandungan Alkaloid Carpein atau C14H25No2 yang membuat bunga pepaya menjadi pahit, Protein, Lemak, Karbohidrat, Kalsium, Fosfor, Zat Besi, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C

Khasiat :
Melancarkan Sistem Pencernaan, Memperbaiki Nafsu Makan, Menangkal Radikal Bebas, Melancarkan Peradaran Darah, Menjauhkan dari Penyakit Kanker, Mencegah Penyakit Stroke dan serangan jantung

Bunga Sedap Malam


Sedap malam [Polianthes tuberosa Linn.] merupakan tumbuhan yang berasal dari Meksiko, biasa ditanam sebagai tanaman hias karena bunganya yang indah dan berbau harum terutama pada malam hari, juga bisa digunakan sebagai perhiasan pada sanggul wanita dan di pesta perkawinan. Terna tegak dengan umbi di bawah tanah, tinggi 0,5-1,4 m. daun sebagian duduk pada akar, sebagian sepanjang batang yang tegak, duduk, berbentuk lanset, panjang 15-150 cm, lebar 0,6-1 cm, ujung lancip kearah pangkal melebar. Bunga hampir duduk, kebanyakan berpasangan dalam ketiak daun pelindung yang berbentuk bulat telur lanset, berwarna putih dan berbau sangat harum terutama pada waktu malam. Buah kotak memanjang, kerapkali tumbuh kurang sempurna, kadang-kadang dengan beberapa biji yang baik. Biasanya sering dijadikan bahan pelengkap soup kimlo dan sering disajikan sebagai menu saat terdapat acara hajatan.

Kandungan :
Sapogenin yang berfungsi sebagai penyebar dan pengharum.

Khasiat :
Sakit kepala, pusing, Menenangkan hati dan pikiran, Pandangan kabur, rabun mata, Katarak, radang mata merah (conjuntivitis),Susah tidur (insomnia), Penambah darah, Meningkatkan stamina, Melancarkan ASI (laktagog), Pegal linu.


Asparagus


Asparagus biasanya dikenal umum dengan warna putih, hijau dan ungu. Asparagus putih dikarenakan ia kurang sinar matahari, dan karenanya kekurangan pigmen warna hijau, dan klorofil. Asparagus ungu sarat dengan phtyochemicals, anthocyanin , yaitu zat yang memberikan warna untuk sayuran dan dikenal memiliki manfaat baik untuk kesehatan.

Kandungan :
Asparagus rendah kalori, tidak mengandung kolesterol dan sangat rendah sodium. Ini juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin B6, kalsium, magnesium dan seng, dan sumber yang sangat baik serat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, thiamin, riboflavin, rutin, niacin, asam folat, besi, fosfor, kalium, tembaga, mangan dan selenium. Asam amino asparagina berasal dari asparagus, tanaman asparagus kaya akan kandungan bahan yang satu ini.

Khasiat :
Manfaat asparagus bagi kesehatan sangat banyak, seperti untuk meningkatkan kesuburan, membantu mengatasi sindrom pra-menstruasi, kanker, diabetes, mabuk, katarak, rematik, TBC, depresi, penyakit neurodegenerative dan kejang-kejang. Mnanfaat lainnya dari asparagus yaitu dapat mengurangi infeksi saluran kemih dan kolesterol dalam darah, meningkatkan kesehatan pencernaan dan baik dikonsumsi selama kehamilan. Asparagus juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar homosistein dan bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung.

Brokoli

Jenis sayuran yang berkhasiat obat memang sangat banyak, salah satunya adalah brokoli. Si hijau dengan nama latin Brassica oleracea varitalica ini merupakan sayur suku kubis-kubisan yang berasal dari laut tengah dan masuk ke Indonesia sekitar tahun 70-an. Brokoli termasuk sayuran yang rendah kalori dan bisa dikatakan sebagai makanan yang super. Mengapa disebut super? Karena selain populer sebagai bahan pangan, sayuran ini juga kaya akan berbagai kandungan gizi yang sangat bagus. Brokoli adalah sayuran dengan ranking tertinggi sebagai obat tradisional antikanker

Kandungan :
mengandung energi, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang berguna bagi tubuh. Brokoli merupakan sayuran rendah kalori, lemak, dan sodium, bebas kandungan lemak jenuh, tinggi kalium, dan tidak mengandung kolesterol, Asam folat, Vitamin C, Kalsium, Vitamin K, Karoten dan Lutein.

Khasiat :
Melawan dan mencegah kanker, mencegah perkembangan tumor, menormalkan kadar gula dalam darah, menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Kembang Kol 


Kembang Kol atau dalam bahasa latin ialah Brassica oleracea var. botrytis merupakan sayuran sejenis kubis- kubisan yang bentuknya mirip dengan brokoli. Kembang kol merupakan sayuran yang sangat lazim di Indonesia karena kembang kol banyak dibuat sebagai campuran sayuran dalam membuat sayur sop atau sayur cap cay yang memiliki rasa yang enak dan empuk.

Kandungan :
Fosfor, Potassium, Indole, Kalsium.

Khasiat :
Mengurangi kandungan lemak, membersihkan usus, menurunkan resiko terkena penyakit kanker prostat, kanker usus dan kanker perut, membantu menurunkan kadar gula dalam darah, sangat baik bagi penderita kencing manis, menurunkan kolesterol.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar Buat Blog Saya...