Translate

Selasa, 18 November 2014

Trip Lampung-Palembang (Part 1)

Inilah Perjalanan Perdana Saya menginjakkan kaki di pulau seberang karena selama ini saya hanya jalan-jalan di wilayah pulau jawa saja. tanpa ada bekal pengetahuan yang cukup tentang daerah tersebut saya beranikan diri untuk menginjakan kaki di pulau sumatera. setelah menentukan tanggal kapan akan dilakukan perjalanan kemudian saya banyak mencari info tentang daerah yang akan saya kunjungi. Saya mencari banyak info tentang lokasi-lokasi objek wisata, lokasi-lokasi tempat kuliner enak dan juga informasi transport-transport di Lampung dan Palembang. Trip yang akan saya lakukan adalah sehari berada di Lampung menggunakan transportasi Darat menggunakan bus Damri dan Penyeberangan laut menggunakan kapal ferry. kemudian di lanjutkan menuju palembang dengan menggunakan trasnportasi kereta api dan melakukan perjalanan di palembang selama kurang lebih 3 hari 2 malam.

Kamis, 6 November 2014

Saat jam makan siang kantor saya bergegas menuju stasiun gambir untuk memesan tiket Bus Damri dan juga tiket kereta api tujuan stasiun Tanjung Karang Lampung - Kertapati Palembang. Tiket Bus Damri digunakan sebagai media transportasi saya dari Jakarta menuju Lampung. Saya berhasil mendapatkan bus Damri Royal Class dan saat saya memesan ternyata single seat nya sudah setengahnya terisi. alhasil saya mendapatkan single seat di bagian belakang (seat nomor 16 / baris 6) untuk jam keberangkatan pukul 21:00 dengan tarif sebesar Rp.215.000. Tiket Kereta Api digunakan sebagai media transportasi saya dari Lampung menuju Palembang, saya menggunakan kereta api Limex Sriwijaya II kelas Executive tujuan Tanjung Karang - Kertapati dengan biaya sebesar Rp.170.000.

Tiket Damri Royal Class Jakarta-Lampung & Kereta Api Limex Sriwijaya II Tanjung Karang-Kertapati

Rabu, 12 November 2014

Setelah jam kerja selesai saya langsung menuju stasiun gambir (pool Damri Gambir), Saya memesan bus Royal Class dengan Konfigurasi seat 2-1 dengan biaya sebesar Rp.215.000. Saya memesan bus yang keberangkatan jam 21:00 namun sudah tiba di gambir sekitar jam 18:00. Kecepatan rupanya saya, akhirnya saya memutuskan untuk membersihkan badan dulu di toilet (walau hanya sekedar ganti baju, cuci muka tangan dan kaki) kemudian makan malam di sebuah restoran Fast Food yang berada di areal stasiun. setelah selesai makan malam saya langsung menuju ke tempat tunggu penumpang bus Damri Gambir. saat lihat jam ternyata jam masih menunjukkan pukul 19:00, nampaknya masih lama saya harus menunggu giliran bus saya jalan. saat saya menunggu di ruang duduk terminal Damri Gambir banyak sekali calon penumpang bus Damri Tujuan lampung yang berkomunikasi dengan anggota keluarganya menggunakan bahasa Jawa. Dalam hati saya "Wah banyak yang orang jawa, mudah-mudahan saja saat saya berada di lampung tidak mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, karena saya sama sekali tidak tahu bahasa lampung itu seperti apa".

Tidak terasa akhirnya waktu menunjukkan pukul 20:00 dan speaker berbunyi ajakan agar para calon penumpang tujuan lampung keberangkatan jam 21:00 dipersilahkan untuk masuk ke dalam bus. langsung saya menuju bus berwarna merah yang telah saya pesan dengan nomor body 5251. dan beginilah tampilan interior dalamnya, tidak beda jauh dengan bus Damri Royal Class pada umumnya.

Interior Bus Damri Royal Class Jakarta-Lampung
Para penumpang pun satu persatu masuk ke dalam cabin dan kondisi kabin sudah hampir penuh menandakan seluruh penumpang telah siap untuk diberangkatkan. Kemudian Pak Kondektur mengecek tiket kita dan tidak lama setelah itu kemudian kami masing-masing diberikan sebuah kotak kecil yang berisi snack. Yach walaupun ala kadarnya tapi lumayan lah buat camilan, berisi roti isi selai plus air mineral gelas.

Snack yang diberikan pada Damri Kelas Royal Class
Waktu hampir menunjukkan pukul 21:00 dan bus siap dijalankan, perlahan-lahan bus bergerak keluar stasiun gambir, melewati wilayah Abdul Muis - Hasyim Azhari. Pukul 21:17 bus sudah sampai di Tomang. Pukul 21:30 sudah sampai di pintu tol Karang Tengah. Bus berjalan mulus tanpa ada hambatan macet dan pukul 21:49 bus sudah sampai daerah bitung ruas tol cikupa-merak. Setelah masuk tol cikupa-merak bus melaju dengan cepat dan pukul 21:56 sudah sampai di exit tol cilegon timur dan sampai di pelabuhan merak pukul 23:04. Perjalanan yang sangat cepat dan singkat menurut saya karena rute jakarta-merak dapat ditempug dalam waktu 2 jam saja. saat memasuki areal parkir khusus bus Damri di pelabuhan kemudian bus yang saya tumpangi merapat. dan yang membuat saya aneh antara bus yang berangkat pukul 21:00 dengan bus yang berangkat pukul 21:00 berdatangan di waktu yang hampir sama. dan saat kapal penyeberangan rajarakata merapat (00:25) semua bus yang berangkat jam 20:00 dan jam 21:00 semuanya masuk di satu kapal yang sama. memang saya rasakan klo bus yang saya naiki ngeblong banget larinya.

Pukul 00:45 KMP Rajarakata yang saya naiki mulai berlayar. kapalnya sebenarnya lumayan bagus, ruang-ruang lesehannya bersih terdapat fasilitas TV dan juga rak-rak untuk tempat penyimpanan sepatu dan tas di masing-masing ruangan, tentunya ruangannya ber AC. Toiletnya pun bersih. berhubung saya tidak sempat mengambil photo kondisi kapalnya. saya numpang upload photo yang berasal dari google yang kurang lebih kondisinya sama seperti saat saya menggunakan kapal tersebut.

Lorong diantara Ruang Lesehan yang terdapat di Cabin Kapal
Daleman ruang lesehan dilengkapi denga TV dan juga rak-rak penyimpanan
Rak Penyimpanan dan Rak Sepatu tersedia hampir di semua ruang lesehan dan musholla
Musholla, Ruang Wudlu & Toilet di KMP Rajarakata
Penampakan KMP Rajarakata
Selama di kapal lama kelamaan bosan juga, pasalnya jika saya ingin tiduran di lesehan ruangannya sudah penuh dengan orang yang pada tidur, jadinya saya memutuskan untk jalan-jalan saja di luar kapal atau di restoran, di luar kapal yang saya lihat hanyalah pemandangan berwarna hitam pekat saja, sungguh membosankan. Katanya teman saya perjalanan merak-bakauheni hanya 2 jam saja tapi entah mengapa kapal yang saya tumpangi membutuhkan waktu hingga 4 jam hingga ke pelabuhan bakauheni. sepertinya sih entah kapalnya yang memang nyasar atau salah arah dikarenakan faktor gangguan di air laut entah berupa pusaran air atau apa entahlah. Berlayar dari pelabuhan merak jam 00:45 dan baru merapat di pelabuhan bakauheni jam 04:40

Perjalanan Perdana Lampung-Palembang (Part 2) (Part 3) (Part 4) (Part 5)