Translate

Sabtu, 22 November 2014

Trip Lampung-Palembang (Part 5)

Jumat, 14 November 2014

Waktu menunjukkan pukul 13:00, hari pertama di Palembang saya berencana jalan-jalan sore di sekitaran jembatan Ampera. Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi sekaligus disana hanya dengan berjalan kaki seperti Masjid Agung, Monpera, Museum SMB II, Benteng Kuto Besak, Ampera, Kampung Kapitan, Pasar 16 ilir dan pulau kemaro.

Sebelum memulai perjalanan saya memutuskan untuk mencoba mpek mpek Candy yang ada di samping Hotel. Di sekitaran hotel terdapat 3 tempat makan mpek mpek yang terkenal yaitu mpek mpek Candy di samping Hotel, mpek mpek Lince di seberang hotel (Belakang Bank Indonesia), dan mpek mpek merdeka di belakang hotel (dekat kantor gubernur). Saya coba dulu saja mpek mpek Candy yang ada di dalam kawasan hotel. Di tempat ini menyajikan berbagai macam jenis mpek mpek dan makanan lainnya. Ada mpek mpek kecil yang terdiri dari sekitar 7 jenis yaitu Adaan, Telor Kecil, Lenjer Kecil, Tahu, Keriting, Kulit, Pastel, ada mpek mpek panggang, lenggang, sate ikan belida, otak otak, es kacang merah, tekwan, berbagai kerupuk, cindera mata juga dijual disini dan masih banyak lagi. Untuk makan siang saya memilih 9 jenis mpek mpek kecil (Adaan, Telor Kecil, Lenjer Kecil, Tahu, Keriting, Kulit, Pastel), lenggang dan es kacang merah.

Mpek mpek Candy Samping Hotel Anugerah Palembang
Dari ketujuh mpek mpek kecil yang saya pesan saya paling suka dengan mpek mpek kulit, pastel, keriting dan adaan. mpek mpek kulit rasanya gurih, pastel bentuknya seperti siomay, keriting kenyal kenyal bentuknya seperti kerupuk. Untuk mpek mpek lenggang di Candy teksturnya lembut, telur dan adonan mpek mpeknya berasa, namun rasanya agak tawar dan juga agak amis. Saya suka dengan lenggang bakarnya namun biasa saja citarasanya. Es kacang merahnya juga nikmat, kacangnya sendiri sepertinya sudah direbus dengan gula sehingga rasa kacang merahnya sendiri sudah manis, empuk dan legit. Ditambah Es serut susu dan sirop rasanya enak. Secara keseluruhan rasa mpek mpek candy enak, cukonya berasa dan es kacang merahnya legit pisan. Namun harganya juga lumayan menguras kantong, saya pesan 7 jenis mpek mpek kecil ditambah lenggang dan es kacang merah menghabiskan biaya Ro.66.000, wawww!!!

Total Harga Makan di Mpek Mpek Candy
Jika pembaca blogger ingin makan mpek mpek enak dengan harga murah ada koq alternatif tempatnya, jika dirasa mpek mpek candy, lince, saga, merdeka, dan tempat yang terkenal lainnya memiliki harga mahal cobalah makan mpek mpek di Pasar 26 ilir. Di Pasar 26 ilir yang berada di sebuah gang yang banyak menjual kasur lihab terdapat beberapa kios mpek mpek enak dengan harga rata-rata hanya Rp. 800-1.000 saja. Jika anda bukan asli sana jangan sampe ketuker tempat karena pasar 26 ilir terbagi menjadi 2 tempat, yang satu pasar 26 yg isinya jual jual sayur ikan daging dan kebutuhan pokok lainnya (orang setempat menyebutnya pasar 26 depan), yang satunya lagi pasar 26 yang berada di sebuah gang yang memiliki gapura dengan tulisan sentra kerajinan tikar / lihab. jika kita kesasar di pasar 26 depan gak perlu khawatir, kita tetap bisa menuju pasar 26 yang banyak menjual kasur lihab berjalan kaki baik menyusuri jalan raya ataupun potong jalan lewat belakang dekat tempat jualan ikan.

Makan mpek mpek Candy kelihatannya sedikit tapi setelah memakannya perut serasa penuh sampai berasa seperti ingin maaf "BAB". Rencananya setelah makan mpek mpek saya akan melanjutkan jalan-jalan ke daerah ampera sekalian makan martabak HAR yang terkenal. Akhirnya saya memutuskan untuk kembali ke kamar hotel dan membuang sebagian yang sudah masuk ke perut. Setelah perut berasa agak ringan maka saya melanjutkan kembali perjalanan menuju daerah ampera.

Sekitar jam 15:00 saya menuju daerah ampera menggunakan bus kota. Kesan pertama saat saya naik itu bus kota, melihat kelakuan kenek saat teriak teriak sambil pukul-pukul body bus seperti orang kesetanan yang mau ngancurin itu body bus dan suara gebukan tangan ke body bus dan suara lagunya yang keras membahana, Gila!!! Keneknya kaya orang Sarap!! Ganas Bener!! bisa darah tinggi tiap hari gw klo disini terus tiap hari naik bus kota di palembang.

Hanya membutuhkan waktu beberapa menit di dalam bus tibalah di wilayah sekitar bundaran masjid agung, saya turun disana dan langsung masuk ke kedai Martabak HAR. Makanan yang saya pesan adalah Martabak dan Nasi Minyak Gulai Kambing. Saat saya lihat video videonya di youtube nampaknya martaba HAR nikmat banget karena dikasih kuah kari yang kental, tapi saat saya mencobanya langsung rupanya sama seperti yang saya lihat di video tapi rasanya koq hambar ya? Nasi Minyaknya baru asli enak, bentuknya seperti nasi kebuli, ada kismisnya, dimakan pakai gulai kambing lemak nian. Tapi lagi lagi masalah klasik jika makan di tempat makan yang sudah terkenal, Harganya jugo Lemak Nian!!

Martabak HAR

Nasi Minyak
Setelah perut terisi kemudian saya beranjak dari kedai martabak HAR berjalan kaki menuju masjid agung (karena posisi Martabak HAR nya di seberang masijd agung). klo menyebrang jalan disini lebih baik cari jembatan penyeberangan atau menyeberang di Zebra Cross karena disini pengemudinya sangar sangar. Ada orang nyeberang bukannya kendaraannya dipelankan justru malah dikebut kecepatannya.

Air Mancur Di Jalan Bundaran Depan Masjid Agung & Photo masjid agung dipotret dari Menpora

Setelah dari Masjid Agung saya ke sebrang jalan karena di seberang jalan ada monumen namanya Monpera (Monumen Perjuangan Rakyat).

Baca Juga Trip Lampung-Palembang (Part 1) (Part 2) (Part 3) (Part 4)