Translate

Rabu, 10 Juni 2015

Review CitraDream Hotel Bandung by Ciputra


Citradream Bandung hotels by Ciputra terletak di jalan Pasir Kaliki No. 36-40 Bandung 401717. Hotel ini letaknya tidak jauh dari stasiun Bandung sehingga bisa ditempuh dengan jalan kaki, keluar melalui pintu utara (parkir utama) kemudian saat sampai di jalan raya jalanlah ke kiri dan ikuti jalan hingga ujung dan sampailah di Jl Pasir Kaliki nanti akan ketemu hotel hilton dan hotel cemerlang kemudian ke arah kiri dikit sampailah di hotel citradream (posisi sebelah kanan sebelah Taste of India). Bisa juga naik angkot apa saja, disarankan naik angkot krem St.Hall-Lembang agar turun di depan hotel persis atau naik angkot apa saja juga bisa dengan tarif sekitar Rp.3.000-4.000 (jika saat di pertigaan hotel cemerlang/Hilton angkot belok ke kiri maka turunlah di pertigaan pas depan hotel hilton kemudian jalan kaki sedikit ke arah hotel Citradream, jika saat di pertigaan hotel cemerlang/hilton mobil belok kanan tinggal minta diturunin abangnya ke hotel citradream atau SMAN 6 Bandung).

Peta lokasi Hotel Citradream dan sekitarnya

Selama perjalanan dari stasiun bandung hingga hotel citradream kita akan melewati hotel zodiak@kebon kawung, mutiara hotel, kartika sari dan pool Damri. Lokasi hotel sangat berdekatan dengan Taste of India, zodiak taurus hotel pasir kaliki, SMAN 6 Bandung, SMPN 1 Bandung, Hotel Cemerlang dan hotel Hilton.

Angkot Krem Jurusan Stasiun Hall - Lembang (via setiabudi - ledeng)

Jika berangkat dari terminal Leuwi Panjang juga mudah, tinggal naik bus Damri jalur 2 jurusan Leuwi Panjang - Ledeng, ada yang non AC dan juga AC. Dan saat ini Damri non AC dan AC lama sepertinya sudah banyak yang diganti dengan armada Damri baru yang bentuknya seperti APTB yang lebih dingin dan juga baru dengan tarif sebesar Rp. 5.000.-. Bus akan melewati kopo, istana anyar, pasar baru kemudian Jl Pasir kaliki. Bus akan melewati Paskal Hyper Square, jembatan yang dibawahnya rel kereta api stasiun Bandung, Hotel Hilton dan Hotel Cemerlang dan hanya sekitar 10 meter dari hotel Cemerlang/Hotel Hilton maka sampailah di hotel Citradream yang letaknya di sebelah jalan kanan jika kita naik bus dari leuwi panjang ke arah ledeng.

Bus Non AC (sepertinya saat ini sudah tidak dioperasionalkan kembali) sumber : https://www.google.co.id/img
Bus Damri AC Lawas sumber : https://www.google.co.id/img 
Bus Baru Damri yang menggantikan unit lawas sumber : https://www.google.co.id/img
Daleman bus Damri yang baru mirip APTB
Penampakan bagian depan hotel CitraDream Bandung
Tampak Depan Hotel Saat Malam Hari
Saya memesan kamar tipe superior with breakfast. Room rate yang tertera di aplikasi Agoda saat itu adalah Rp. 277.308 dengan fasilitas yang ditampilkan di aplikasi Agoda adalah sebagai berikut :
  • Ukuran kamar 16m
  • AC
  • Meja tulis
  • Akses Internet - wifi gratis
  • Televisi LCD
  • TV Satelit / Kabel
  • Shower
  • Room rate Agoda Rp. 277.308 (diskon 54% dari Rp. 615.624)
  • Total harga setelah service charge Agoda menjadi Rp. 335.543 (USD 25.27)

Fasilitas Hotel Citradream di Aplikasi Agoda
Deskripsi Hotel Citradream di Aplikasi Agoda
Rate Kamar Superior dengan sarapan dan wifi yang dipublish di Agoda
Peta Lokasi Hotel Citradream Bandung

Saya tiba di Hotel sekitar Pkl. 12:30 disambut oleh mbak receptionist yang ramah. Namun sayang saat saya mau check-in kamar belum siap karena semalam sedang full yang nginap sehingga saat saya datang kamar sedang dibersihkan. Kemudian saya menunggu saja di lobby ruang tunggu.

Ruang Lobby Hotel Citradream Bandung


Beberapa menit kemudian (tidak perlu menunggu hingga Pkl. 14:00) mbak receptionist memanggil saya dan memberitahukan bahwa kamar sudah siap. Saya mendapatkan kamar nomor 307 (lantai 3). Mbak Receptionist memberikan saya kunci yang di dalamnya juga ada user & password wifi lantai 3 & lantai 5 dan juga kupon makan yang tersedia mulai Pkl 06:00 - 10:00.

Posisi Letak Kamar yang saya dapatkan, pemberian posisi kamar yang bagus oleh mbak receptionist

Saya pun naik ke lantai 3 menggunakan lift dan ternyata saya dapat kamar yang dipojokan. Lumayan suasananya tenang dan di lorong terdapat ruangan ventilasi persis di depan pintu kamar saya. Secara keseluruhan memang hotel ini nampak masih baru dengan sistem keamanan dan penanggulangan bencana yang bagus. ini dikarenakan terpasangnya instalasi CCTV, alat pendeteksi asap dan api serta interkom yang dipasang di sekitar lorong dan kamar. Pintu juga dilengkapi dengan alarm yang akan berbunyi jika pintu kamar tidak tertutup sempurna.

Customer lift hotel Citradream Bandung
CCTV yang terpasang di areal lorong kamar hotel
Interkom yang terpasang di areal lorong dan dalam kamar
Alat pendeteksi kebakaran yang terpasang di areal hotel
MCB Sekering yang terdapat di tiap tiap ruangan


Safe Deposit Box
Petunjuk Denah lokasi kamar dengan emergency exit untuk antisipasi saat terjadi gempa atau kebakaran


Sistem keamanan pintu dengan alarm jika pintu tidak tertutup sempurna

Saat memasuki kamar memang kondisinya bersih dan nampak seperti fasilitas hotel bintang 3 lainnya. Fasilitas-fasilitas yang terdapat di kamar saat saya check-in adalah sebagai berikut :

Areal Kamar Tidur
  • AC Split (Mitsubishi electric)
  • Cermin dekat pintu masuk
  • Meja + kursi
  • Televisi layar datar dengan TV Kabel Indovision (sayang channelnya sedikit banget)
  • 1 Bed besar
  • Lampu Tidur
  • Telepon
  • Colokan listrik di beberapa titik
  • safe deposit
  • gantungan baju
  • tissue, 2 botol air mineral & 2 gelas di meja
Areal Toilet
  •  Shower dengan Air Panas/Dingin
  • Wastafel & Cermin
  • Toilet Toto Ecoflush
  • 2 handuk
  • Sabun & Shampoo 2 in 1
  • 2 set peralatan mandi yang terdiri dari sikat gigi, korek kuping, odol dan plastik
Fasilitas Tambahan
  • Terdapat air galon di lorong sehingga tidak perlu khawatir kehabisan air
  • Di depan hotel ada banyak jual makanan (klo malam ada yg jual ronde/sekoteng di sebrang)
  • Lokasi strategis, mau jalan kemana aja naik angkot gampang.

Fasilitas Wifi

Fasilitas wifi di tempat ini memerlukan username & password untuk dapat mengaksesnya. Saat saya coba wifi di tempat ini kualitasnya bagus, browsing dan setel video lancar.

Layar Login Wifi Hotel Citradream
Tampilan jika kita berhasil login ke wifi hotel Citradream
 

Makan Malam

Makan malam di Sekar pusat kuliner "Bakso Semar" patur dijadikan pilihan, lokasi di Jl Semar tidak jauh dari hotel Citradream (gang samping Indomaret). Pesan Bakso campur dengan minum teh manis hangat dengan total harga Rp. 20.000. Rasanya uenakk, daging sapinya berasa, dan kenyang.

Di seberang hotel klo malam juga ada yang jual Ronde / Sekoteng jadi bisa menemani malam kita kalo kita sedang kedinginan.

Bakso Semar Jl Semar Buntu (Pasir Kaliki)
Bakso Semar Jl Semar Buntu (Tetelan Sapinya Maknyos)
Lokasi Angkringan Ronde & Sekoteng di Seberang Hotel

Sarapan Pagi di Hotel

Pilihan menu yang tersedia saat saya disana :
1. Nasi + Mie goreng + Telor Balado + Kerupuk
2. Bubur Ayam
3. Roti + Selai
4. Jus Orange
5. Kopi & Teh
6. Buah Melon

Sayang variasi menu dan rasanya kurang.

Penampakan areal restaurant & makanan yang saya makan sudah habis :)

Karena masih merasa kurang puas dengan citarasa masakan untuk sarapn di hotel akhirnya saya memutuskan kembali keluar jalan jalan sekalian mencari makanan yang enak. Saya naik bus Damri ke Leuwi Panjang dan di dekat pintu keluar terminal ada bapak bapak setengah tua yang menjual Lontong Kari. Uenaaaakkk banget rasanya tur harganya muurrrraaaahhh buangggeeeettt.. cuma Rp. 7.000 saja sudah bisa makan enak dan kenyang. Lontong kari ini isinya lontong, kikil, kacang kedelai, kerupuk disiram kuah kari.

Penampakan Lontong Kari


Penilaian Secara Keseluruhan mengenai Hotel Citradream Bandung adalah sebagai berikut :

Kelebihan :
  • Pelayanan staff receptionist ramah dan room service melayani dengan ramah serta sigap
  • Kondisi hotel masih sangat bersih karena masih tergolong baru
  • Lokasi sangat dekat dengan stasiun dan mudah untuk jalan-jalan kemana saja
  • Harga hotel tergolong murah
  • Sinyal Wifi Lumayan Kenceng
  • Shower ada air panasnya

Kekurangan :
  • Menu sarapannya sangat standar dan citarasanya kurang, mungkin lebih bagus jika disediakan sarapan berupa makanan tradisional dengan rasa yang kaya supaya berkesan sarapannya.
  • Kamar kurang kedap sehingga masih suka terdengar jika terdapat kegaduhan di luar kamar
  • Pada saat customer check in seharusnnya sudah harus dijadikan standarisasi seperti kasur sudah siap dengan bed covernya, sudah disediakan 2 botol air mineral beserta gelasnya, sudah disediakan 2 set peralatan mandi termasuk handuk, tissue dan sabun 2 in 1 jangan sampai tinggal sedikit, dan juga disediakan 2 slipper/sandal. saya rasa seharusnya itu sudah sangat standar yang harus siap disediakan di kamar saat customer check-in.


Kesan selama menginap di Hotel Citradream Bandung :

Saat saya check in tidak ada slipper/sandal, tissue toilet tinggal sedikit dan juga alat mandi hanya disediakan 1 set (walau saya datang cuma sendiri tapi kan pengennya disediakan alat mandi lengkap ada 2). Kemudian saya telpon room service untuk meminta tissue toilet, alat mandi yang kurang dan juga beberapa lembar kertas. beberapa saat kemudian receptionist menelpon saya untuk konfirmasi apa saja yang saya butuhkan kemudian tidak beberapa lama room service datang memberikan apa yang saya butuhkan yaitu tissue toilet baru yang masih disegel, 1 set alat mandi, puluhan lembar kertas HVS dan juga sandal walaupun saya tidak meminta sandal karena saya pikir sandal memang tidak termasuk dalam fasilitas hotel. pelayanan room service ramah dan sigap.



Tempat-tempat yang berdekatan dengan hotel :
  1. Zodiak Hotel
  2. Taste of India
  3. SMAN 6 Bandung
  4. SMPN 1 Bandung
  5. Stasiun Kereta Api
  6.  Paskal Hyper Square
  7. Istana Plaza
  8. Bandara
  9. Pasar Baru
  10. Kartika Sari
  11. Mutiara Hotel
  12. Hilton Hotel
  13. Hotel Cemerlang
  14. Hotel Guci
  15. Sekar pusat kuliner Jl Semar
  16. Indomaret  Jl Semar (ada beberapa ATM disini)
  17. Gepuk Ny Ong

Daftar Menu Restauran Hotel Citradream Bandung






Photo-Photo Area Kamar Mandi Hotel Citradream Bandung

Toilet & Shower
Sabun 2 in 1, Tissue Toilet & Handuk
Wastafel, cermin & Alat Mandi (Sikat gigi & odol, korek kuping dan plastik penutup kepala)


Photo-Photo Area Kamar Tidur Hotel Citradream Bandung

Petunjuk lokasi kamar dan Emergency Exit dekat areal Lift
Fasilitas Dispenser di Lorong dekat areal Lift
Sandal hotel Citradream Bandung
Air minum & alat mandi yang disediakan di hotel Citradream Bandung
Gantungan pintu hotel "Mohon kamar dibersihkan"
Gantungan pintu hotel "Mohon jangan diganggu"
Kelistrikan kamar hotel Citradream Bandung
Kunci dan password wifi yang diberikan receptionist saat check-in
Tempat pengimpanan baju dan barang berharga
Meja kerja dan Televisi
Meja kerja dan Televisi
Peraturan "Go Green" di hotel Citradream Bandung
Peraturan hotel Citradream Bandung
Area pintu masuk kamar hotel
Area pintu masuk kamar hotel dan toilet
Fasilitas telepon room service
Tempat tidur kamar superior hotel Citradream Bandung

Pemandangan dari kamar 307


Hotel Hilton & Hotel Cemerlang di Seberang Hotel Citradream

Pemandangan dari jendela kamar 307 ke arah timur (pegunungan dan perumahan warga)
Taste of India yang lokasinya tepat di sebelah hotel Citradream yang dapat terlihat dari jendela kamar 307
Pemandangan area parkir dan seberang hotel dilihat dari jendela ventilasi lorong hotel (arah barat)
Pemandangan hotel Zodiak, gereja dan Istana Plaza dari Jendela kamar 307 (arah utara)



1 komentar:

  1. Terima kasih banyak reviewnya sangat lengkap dan membantu :)
    Www.mimoyoja.com

    BalasHapus

Berikan Komentar Buat Blog Saya...