Translate

Selasa, 02 Juni 2015

Bus Travel Story : Jelajah Trip Jakarta-Cianjur

Weekend bengong aja gak ada kegiatan tiba-tiba muncul ide untuk melakukan perjalanan menggunakan bus ke daerah Cianjur karena saya sama sekali belum pernah kesana. Dikarenakan saya sebelumnya sama sekali belum pernah ke Cianjur jadi saya tidak tahu di sana ada apa dan kesananya naik apa juga tidak tahu.

Walau tidak tahu semua informasi tentang Cianjur baik tempat maupun transportasinya tapi saya modal nekat aja. Sekitar pkl 08:00 saya berangkat dari rumah menuju terminal bekasi kemudian melakukan perjalanan menggunakan bus Mayasari P9B jurusan Bekasi-Kp Rambutan via Tol Jorr Cikunir dengan tarif Rp.8.000. Situasi tol bekasi barat - cikunir saat itu lancar, namun entah ada apa dipertengahan jalan sekitar tol jati asih - setu hingga exit kampung rambutan macet lumayan parah dan baru sampai di terminal kampung rambutan sekitar pkl 10:00. Saya masuk ke dalam terminal tempat bus AKAP pada parkir, Gila!! masuk terminal ada palakan retribusi sebesar Rp.1.000 (masih ada aja ya jaman skrg retribusi macam itu, entahlah itu uang masuknya ke kantong siapa).

Mayasari Bakti P9B Jurusan Bekasi-Kp.Rambutan via tol Cikunir

Sampai di areal parkir bus AKAP saya bingung clingak clinguk di areal parkiran bus jurusan bandung garut tasik, maklum saya belum pernah ke luar kota dari terminal kp rambutan jadinya bingung, tapi gak ngerti juga saat saya menunggu di areal tersebut bus bus yang pakir di papan trayeknya gak ada yang tulisannya via cianjur. Akhirnya saya nanya ke tukang air minum dimana lokasi parkiran bus yang ke cianjur dan bapak tersebut mengarahkan saya agar menuju ke parkiran belakang dan nanti disana ada bus marita atau parung indah jurusan jakarta-cianjur. Saya langsung menuju ke parkiran belakang, disana ada parkir bus Sinar Jaya dan di ujung ada bus Marita sedang parkir dengan trayek Jakarta-Cianjur. Saya hampiri crew marita yang sedang berdiri di depan bus dan bertanya "Pak ini lewat jalur puncak atau tidak?" dan crew tersebut menjawab "iya betul lewat puncak". Saya langsung masuk ke dalam bus yang saat saya naiki masih dalam kondisi kosong dan saya memilih bangku di pinggir jendela baris kedua.

Kesan pertama saya saat naik PO Marita adalah busnya bagus, bersih, AC nya adem, bangku nyaman, entertainment nyala non stop, jalannya juga lumayan ngeblong

Denah Terminal Kampung Rambutan

Lokasi Parkiran Bus Marita Jakarta-Cianjur
Penampakan Bus Marita

Bus melaju keluar dari terminal kampung rambutan menuju cianjur, kondisi jalan tol cikunir jagorawi secara keseluruhan terbilang lancar waktu itu. hanya saja begitu keluar tol jagorawi macet mulai dari gadig hingga pasar cisarua (ada kali sekitaran satu jam an). Selepas pasar cisarua baru dech jalanan lancar lagi hingga cianjur. Setelah melewati kawasan Taman Bunga Nusantara & Cibodas saya melewati Istana Cipanas. Saya baru tahu kalo Istana Kepresidenan Cipanas itu tempatnya persis di Jalur Puncak.

Istana Cipanas

Setelah melewati Istana Cipanas Saya turun sejenak di Sate Marangi "Sari Asih" yang katanya terkenal dan enak. saya penasaran bagaimana rupa tempat dan menu makanannya. Tempatnya sih sebenernya gak bagus bagus amat.. ya sama seperti warung warung standar yang biasa di pinggir jalan.. menu andalannya adalah sate marangi dan ketan bakar. berikut penampakannya..

Sate Marangi Sari Asih "Masih Pagi Pengunjung Sudah Banyak"

Menu yang disediakan tidak banyak, hanya khusus menyediakan menu sate marangi baik dengan lemak maupun tanpa lemak, Nasi bungkus atau ketan bakar sebagai pelengkap makan sate dan disediakan beberapa jenis minuman. harganya sih terbilang standar ya.. gak terlalu murah dan gak terlalu mahal juga..

Daftar Menu Sate Marangi "Sari Asih"

Saya pesan 5 tusuk Sate Marangi tanpa lemak. 5 tusuk Sate Marangi pake lemak, 2 ketan bakar sama 1 kelapa batok.

Menu yang saya pesan
Makanan tiba, nampaknya lumayan rasanya.. gak sabaran untuk saya cicipi.. di meja terdapat sambal oncom, rawit dan kecap. Pertama saya test dulu rasa satenya. Sate marangi tanpa lemak rasanya enak mirip mirip kaya daging di bacem kemudian di bakar. Sate marangi pake lemak juga enak tapi gak tau saya agak mual dengan lemaknya yang masih meninggalkan bau amis dan juga terkstur serta rasanya agak aneh di lidah saya. ketan bakarnya enak loch gurih. kelapa batoknya standar lah rasa kelapa. Saya suka sekali sambal oncom, yang ada di benak saya itu sambel oncom pedes gurih enak tapi sambel oncom disini cenderung manis. saya juga kurang suka sama sambel oncomnya, dan juga tidak ada potongan cabe bawang supaya jika kita mau makan pake sambel kecap jadi gampang ngeraciknya.

Semua menu yang saya pesan total harganya adalah sebagai berikut :

5 tusuk sate marangi tanpa lemak  >  5 x Rp.  3.500                = Rp. 17.500
5 tusuk sate marangi pake lemak   >  5 x Rp.  2.500                 = Rp. 12.500
2 ketan bakar                                  >  2 x Rp.  2.500                = Rp.   5.000
1 kelapa batok                                >  1 x Rp.  7.000                = Rp.   7.000          +
                                                                                                    ---------------------
                                                               Total Harga                = Rp.  42.000

Setelah kenyang makan sate marangi saya melanjutkan kembali perjalanan menuju Cianjur. Sampai di terminal Cianjur (Pasir Hayam) sekitar pkl 14:00. Kemudian saya langsung puter pala balik lagi ke Jakarta (hmmm.. lagi lagi jalan keluar kota cuma buat makan siang doank). Saya kemudian menuju ke jalur pemberangkatan bus yang ada plank "Jakarta" tapi koq setiap ada bus lintas jurusannya koq malah dari arah jakarta bukan menuju jakarta. saya tanya tukang kelontong makanan dan ternyata tempat pemberangkatan menuju jakarta ada di seberang.

Tugu di Prapatan Cianjur
Terminal Cianjur
Parkiran Bus Marita di Terminal Cianjur

Pulang ke Jakarta saya berencana ingin naik bus Parung Indah biar bisa nyobain semua rasa bus tujuan cianjur ini. saya awalnya rada bingung karena gak tau dimana lokasi parung indah ngetem. saya liat di ujung sedang ngetem bus parung indah yang pintunya terbuka dan di dalamnya sudah ada beberapa penumpang. Saya langsung menuju ke bus tersebut dan menanyakan ke crew apakah benar bus ini tujuan jakarta dan crew mengiyakan. Saya naik masuk ke dalam kabin parung indah tersebut. Pas masuk ke dalam bus, Wawwww!!! armadanya kotor euy, sudah banyak interior yang rusak, beda jauh dengan kondisi bus marita. Kotor, AC gak dingin, gak ad entertainment. Saya tidak terlalu mempersoalkan tentang hal itu walau jujur memang kurang nyaman.

Parung Indah
Bus keluar meninggalkan terminal Cianjur sekitar Pkl. 15:00. nggak jauh dari gerbang terminal bus udah ngetem lagi lama. Beberapa PO Marita sudah terlihat sliweran mendahului bus yang saya naiki. dalam hati saya "duh ini bus lelet amat sih ngetemnya gak kira-kira". selama di perjalanan bus ini banyak ngetem. berangkat menggunakan PO Marita cm butuh waktu skitar 2 jam kp rambutan - cianjur, tapi pas pulang pakai parung indah membutuhkan waktu skitar 5 jam (sudah plus macet sekitar sejam di pasar cisarua).

seperti biasa di daerah cisarua sampai gadog macet parah (ada sekitar 1 jam stag krn penutupan arus). sampai di ciawi sekitar pkl 18:00. dan lagi lagi disana ngetem lama banget euyyy. padahal penumpang udah penuh masih aja nyari penumpang berdiri. di citeureup juga ngetem lagi. amsyong dech sama ini bis.. sampai di terminal Kp Rambutan pkl 20:15 (hadeuuhhh udah kaya mudik kemana aja gw ya lama bener waktu tempuhnya)

kayaknya sich untuk saat ini enakan naik marita klo mau ke cianjur dari terminal kampung rambutan. busnya masih bagus bagus dan nyaman serta jalannya lumayan cepat.

Berikut rincian biaya perjalanan PP Jakarta-Cianjur saya :
---------------------------------------------------------------------
Mayasari P9B Bekasi-Kp.Rambutan via Tol Cikunir (Non AC)                         Rp.  8.000
Bus Marita Kp.Rambutan-Cianjur (AC)                                                              Rp. 25.000
Bus Parung Panjang Cianjur-Kp.Rambutan (AC)                                               Rp. 25.000
Mayasari P9B Kp.Rambutan-Bekasi via tol cikunir (Non AC)                           Rp.  8.000
Makan Siang + Jajan                                                                                            Rp. 50.000