Translate

Minggu, 13 Maret 2016

Trip PBB ke Gunung Galunggung

Sebenernya acara ini sudah berlangsung dari sejak awal tahun kemarin, namun entah kenapa saya bingung untuk membuat alur ceritanya sehingga baru kali ini bisa dibuatkan artikelnya. Jadi ceritanya sekitar awal bulan Desember kemarin komunitas Pecinta Bus Bekasi (PBB) merencanakan gathering sekaligus jalan jalan bareng ke kawasan gunung Galunggung Tasikmalaya yang akan diselenggarakan pada hari sabtu-minggu tanggal 23-24 Januari 2016. Saya mengetahui informasi akan adanya kegiatan tersebut melalui teman saya Hasnan, dia juga merupakan teman kuliah adik saya. Saat ditawarkan saya langsung mengiyakan untuk ikut. Saya pun mendaftarkan diri bersama adik saya untuk jalan ke galunggung. Saya sudah sering pulang pergi sehari Tasikmalaya-Bekasi namun saya belum pernah keliling tempat wisatanya, saat teman saya Hasnan menawarkan adanya gathering ke Gunung Galunggung dan setelah dijelaskan mengenai situasi di tempat tersebut yang jika naik ke kawah tidak terlalu membutuhkan waktu panjang dengan peralatan hiking ataupun traking karena sudah dibangun tangga dan juga di bawahnya ada tempat pemandian air panas sehingga saya tertarik untuk ikut serta. Apalagi ditambah kesananya menggunakan bus Budiman Best in Class seat 2-1 yang membuat saya makin interest.

Desember 2015

11 Desember 2015, panitia mengumumkan perkiraan peserta yang sudah mendaftarkan diri dan membayar uang muka dari total biaya yang akan dikeluarkan sebesar RP. 230.000 / orang. Harga tersebut untuk pengeluaran biaya tiket Bus Budiman Best in Class Kp.Rambutan-Tasik (pergi), Budiman First Class Tasik-Bekasi (Pulang), Tiket Gunung Galunggung serta biaya sewa elf untuk menuju gunung galunggung.

19 Desember 2015, panitia berkoordinasi dengan Pengurus Budiman mengumumkan bahwa untuk tanggal 23 Januari 2015 satu armada Best in Class Budiman seat elektrik 2-1 resmi di booking dan diperkirakan akan mendapatkan unit BT02.

Januari 2016

Sabtu 23 Januari 2016, Tiba waktunya hari keberangkatan, saya bersama adik saya siap siap untuk kumpul di depsos. Tempat kumpul kita ada 2 meeting point yaitu di depsos dan juga KM19. Saat kami ingin keluar rumah ternyata hujan, awalnya saya mau naik motor dan menitipkannya di sekitar terminal namun dikarenakan hujan jadinya ya kita keluar naik angkutan umum dan langsung menuju ke kampung rambutan (karena waktunya mepet tinggal tersisa satu jam membuat kami jadi naik taxi dan juga uber, eh nggak taunya pas sampai di terminal kampung rambutan start berangkatnya ada kali telat sekitar sejam dari waktu yang sudah ditentukan).

Sampai di terminal Kampung Rambutan hampir pkl 18:00 dan masih ada setengah jam waktu untuk istirahat dan siap siap karena rencananya kita baru akan berangkat sekitar Pkl 18:30. Sebelum berangkat yang kami lakukan seperti biasa, sesi photo photo dan juga pasang spanduk di bus yang sudah kita sewa yaitu Budiman Best in Class electric seat 2-1 bermesin Mercedes-Benz O 500 R 1836 Bluetech Nomor Lambung BT02.

Dan ternyata jadwal keberangkatan kita meleset dari rencana awal yang seharusnya berangkat pkl 18:30 namun jika tidak salah kita baru start keluar Terminal Kampung Rambutan sekitar pkl 19:30.

Kita menyusuri tol JORR-Cikampek dan kita masuk dulu ke KM19 untuk menjemput rekan-rekan PBB yang lainnya karena sebagian ada yang memilih berangkat dari sana.

Perjalanan menuju tasik menggunakan armada Best in Class MB O500R 1836 electric seat memang sungguh nyaman dan supir pun mengemudikannya dengan cepat namun halus tidak ugal ugalan.

Sekitar pkl 21:30 kita sudah sampai di cileunyi dan kita istirahat dahulu di daerah sekitar cileunyi untuk makan malam, dan tempat makan malam yang kita pilih adalah tenda nasi goreng pinggir jalan, di sini kita istirahat ada sekitar 1 jam.

Setelah semua peserta dan crew bus kenyang kita pun melanjutkan kembali perjalanan menuju Tasik melewati jalur Nagrek-Malangbong-Gentong-Ciawi-Rajapolah-Indihiang. dan sempat terjadi sedikit insiden bus kita bermaksud ingin menyalip truk yang berjalan lambat namun saat bus menyalip di depan ada bus gapuraning rahayu yang berjalan agak cepat dan bus kami saling cium-ciuman dengan bus GR tersebut namun untuknya tidak terjadi tabrakan hanya saja kita kaget saat terjadi rem mendadak.

Sekitar jam 23:30 kita sampai di Rumah makan Pananjung 2 dan kita kembali istirahat disini sekitar setengah jam. Kitapun melanjutkan perjalanan kembali menuju pool budiman tasik setelah setengah jam beristirahat di rumah makan.

Minggu 24 Januari 2016, sekitar 02:00 kita sudah sampai di pool budiman tasikmalaya. Kita semua istirahat di sini hingga pagi. Ada yang istirahat di musholla kandang bus belakang, ada yang di ruang tunggu samping dan juga depan untuk memulihkan tenaga dan agar tidak ngantuk saat naik ke galunggung esok pagi nya.

Sekitaran pukul 05:30 sudah siap 2 buah mobil (avanza dan colt orange) standby di dekat ruang tunggu depan yang akan mengantarkan kita ke area wisata Galunggung. Perjalanan dari pool Budiman Tasikmalaya menuju gunung Galunggung memerlukan waktu sekitar hampir 1 jam dengan kondisi jalan yang bagus namun agak kecil lebar jalannya.

Sekitar pukul 06:30 kami tiba di areal parkir pemandian air panas Cipanas yang ada di bawah kaki gunung Galunggung.

Sebelum naik ke kawah gunung galunggung kita isi perut dulu dengan mencari sarapan. kebetulan di areal parkir pemandian air panas banyak terdapat kios kios yang menjual makanan, oleh-oleh dan juga baju kaos. kita sarapan nasi liwet, nasi liwet disini bisa tergolong murah harganya dan enak. Saya suka dengan aroma nasi dan juga sambalnya yang pedas bikin makannya nambah (karena biasanya di tasik itu sambalnya pada manis manis seperti macam dikasih kecap).

Perut kenyang sudah, saatnya lanjut ke kawah gunung galunggung karena waktu sudah menunjukkan sekitar pukul 07:30 (takut kesiangan karena jam 12:00 kita sudah harus standby lagi di pool untuk pulang dengan naik bus first class).

Track untuk menuju ke kawah gunung galunggung sebenarnya tidak sulit karena jalanannya sudah beraspal, namun jalannya menanjak dengan kemiringan yang bisa dibilang agak curam (mungkin ada sekitar 45 derajat kemiringannya dan ada juga bagian yang landai) yang dapat ditempuh dengan jalan kaki yan membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam (tergantung cara jalannya kita apakah nyantai atau ngeblong dan apakah ngejoss atau sering perpal).

Seperti biasa ritual kita sebelum melaksanakan kegiatan selanjutnya adalah photo session.. cekrek cekrek dulu bro.. sebelum naik ke kawah gunung Galunggung kita photo dulu di dekat plank kawasan wisata galunggung yang terletak di awal track yang akan kita lalui untuk menuju ke kawah.

Kita pun memulai penanjakkan menuju kawah dengan berjalan kaki. Emang payah saya nih, udah lama gak pernah gerak apalagi nanjak sehingga baru nanjak gak nyampe setengah kilo aja udah ngos-ngosan. Gak tau ya.. perasaan saya kemiringan tracknya lumayan tinggi sehingga butuh perjuangan untuk mendakinya walaupun jalanannya sudah beraspal. Pas ada tukang ojek nawarin saya untuk naik ke atas dan setelah bernegosiasi dan dapet harga Rp.10.000 per orang dari awalnya harga yang ditawarkan sebesar Rp.15.000, akhirnya saya dan adik saya memutuskan untuk naik ojek saja ke atasnya karena nafas saya sudah ngos-ngosan. sorry ya bro bro gw ga sanggup untuk jalan kaki sampai sampai kawah :) .. Pas saya sampai di parkiran atas kawah yang terdapat tangga untuk naik ke kawah eh ternyata si alfian, daffa dan adi juga ikutan naik ojek :) .. Jadinya kita disana menunggu teman teman yang lainnya yang masih berjuang jalan kaki menuju ke kawah sambil duduk duduk menikmat dinginnya udara dan indahnya pemandangan lembah dan kota tasik di kejauhan sambil photo photo.

Tidak terasa ternyata kita sudah lama duduk ngobrol sampai tidak terasa waktu sudah menunjukkan hampir jam 10:00 kita menunggu teman teman yang jalan kaki tapi tidak kunjung sampai, akhirnya kita pun menghubungi mereka tapi kita agak kesulitan untuk menghubunginya entah krn masalah sinyal atau masalah lainnya. hingga akhirnya kita berhasil menghubungi mereka dan ternyata mereka sudah ada di puncak (set dah ditungguin kagak nongol nongol ternyata tim walking udah sampe puncak aja).

Sekarang malah kita tim gojek yang buru-buru naik ke kawah karena mereka semua sudah di atas dan juga waktu kita sudah sisa sedikit krn jam 12:00 sudah harus kembali ke pool untuk kembali ke Bekasi. Ternyata mereka lewat jalur tangga yang menuju ke pintu air bukan melewati jalur tangga utama yang biasa wisatawan lalui. Anak tangga yang harus saya tempuh kelihatannya sich sedikit ya cuma 320 anak tangga saja, tapi perjuangan untuk menaikinya untuk saya yang bobotnya sudah 1 kuintal ini sungguh berat. sampai saya storing beberapa kali karena napas ngos ngosan. Kaki sich gak berasa capek cuma napas ini gak bisa dipaksa.

Setelah sampai di puncak semua rasa capek jadi gak berasa. Rasanya seperti lega akhirnya bisa sampai juga di puncak setelah menikmati rasa capek sebelumnya. Beginilah keadaan di puncak kawah Galunggung :

Waktu kita di kawah hanya sebentar karena tidak terasa sudah jam 11 dan kita harus segera turun karena mengejar bus first class yang berangkatnya disekitaran jam 12-14 karena kita inginnya sampai di Bekasi belum terlalu malam. Kita pun turun bersama-sama melewati tangga utama dan pulangnya sudah tidak jalan kaki lagi. Kita semua naik ojek dengan harga Rp.15.000/ojek utk 2 org (jadi satu motor dinaiki 3 org dihitung dengan supir ojeknya) sampai ke pintu loket depan kawasan wisata galunggung. Lalu kita naik mobil yang paginya mengantarkan kita juga dan langsung joss ke pool Budiman tasikmalaya.

Sampai pool sekitaran jam setengah 1, dan bus first class new karebeth sudah parkir di jalur pemberangkatan tujuan Bekasi. Pas kita mau masuk sempat seperti tidak diperbolehkan masuk dan disuruh untuk naik bus sebelah dulu karena bus first classnya baru jalan setelah bus bisnis class yang disebelah lepas landas. Namun sepertinya ada perbincangan antara supir dengan panitia (saya ga tau apa yg diomongin karena saya posisinya lagi sibuk nyari kamar mandi buat mandi karena badan lepek dan bau), Setelah ada negosiasi akhirnya kita diperbolehkan masuk namun hanya untuk menaruh barang bawaan saja dan kita belum diizinkan berada di dalam bus menunggu hingga bus sebelah jalan.

Setelah memasukkan barang kemudian kami ada yang sibuk mencari makan siang dan ada juga yang sibuk mencari toilet yang airnya nyala karena ingin mandi (karena waktu itu kebetulan air toilet yang baru airnya tidak menyala karena ada kerusakan). akhirnya kami mandi di toilet supir di kandang bus belakang yang kondisi air di bak-nya agak gimana gitu ya (antara geli tapi terpaksa karena daripada gak mandi sama sekali).

Jam 14:00 bus new karebeth first class tujuan Tasik-Bekasi yang kami naiki lepas landas dari pool Budiman Tasikmalaya. Selama di perjalanan lancar tidak ada macet namun macet saat sudah masuk tol cikampek arah cikarang bekasi. dan jam 20:30 kami tiba di Bekasi dan saat kita sampai di Bekasi kita disambut dengan hujan yang sangat deras tiba-tiba.

Perjalanan wisata Gathering PBB ke Galunggung cukup berkesan, terima kasih banyak buat Hasnan yang sudah mengajak dan juga terima kasih buat rekan-rekan PBB lainnya. Saya jarang bahkan tidak pernah sempat untuk ikut kopdar dan saat ada acara ini lumayan bisa menambah tali silaturahmi saya dan bisa mengenal orang orang baru lagi. terima kasih ya semuanya.. :)

Jika ada jadwal kumpul-kumpul kabari ya, jika sempat saya akan datang, dan ditunggu undangan gathering jalan jalan berikutnya :)

RUNDOWN ACARA

1. Dibagi dua tim. Tim KPR kumpul di Depsos pukul 17.00 WIB menuju KPR dipimpin panitia tim KPR. Tim km 19 kumpul di depsos pukul 18.00 WIB lalu menuju km 19 dipimpin panitia tim km 19.
2. Bus start KPR pukul 19.00 WIB dan akan transit menjemput tim km 19 di km 19 pukul 20.00 WIB
3. Break sebentar di cilenyi 21.30 .
4. RM Panunjung break malam 23.00 ( sesi foto , istirahat lama )
5. Finish garasi Tasikmalaya 02.00 WIB
6. Istirahat sampai Subuh. Dan panitia mencari angkutan elf .
7. 05.00 WIB sesi foto di garasi pagi hari dan bersiap menuju Galunggung
8. 07.00 WIB sampai di Galunggung, ramah tamah dan sambutan pembuka oleh Ketua Panitia.
9. 07.30 menikmati wisata Galunggung. Dan diberi kebebasan untuk naik gunung atau wisata air panas.
10. 11.00 harus sudah berkumpul di parkiran mobil dan persiapan pulang.
11. 13.00 sudah di garasi Budiman. Istirahat , persiapan balik dan makan siang.
12. 14.00 berangkat pulang.
13. 19.00 WIB finish Bekasi.

SUSUNAN PANITIA

1. Ketua Panitia : Cak Bodong (Ketua Tim km 19)
2. Wakil Panitia : Estu (Ketua Tim KPR)
3. Sekretaris    : Hasnan Mahardika
4. Seksi Acara   : Indri Mora Gumelar
                   Tuahtah Aldo Rachmadsyah Simanjuntak
                   Adiet Setiawan

Klik disini untuk melihat photo-photo jepretan saat melakukan trip Galunggung Tasikmalaya Pecinta Bus Bekasi 23-24 Januari 2016.