Translate

Sabtu, 21 November 2015

Nanas Madu Ikon Subang

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Subang tanpa mencicipi  buah yang menjadi ikon kebanggaan wilayah ini, yaitu nanas 'Si Madu'. Sesuai namanya nanas ini memiliki rasa semanis madu, tidak meninggalkan kecut di lidah dan tidak menyebabkan gatal di kerongkongan.

Sebenarnya semua nanas yang di tanam di Subang berjenis sama yaitu varietas Smooth Cayenne yang berasal dari Brazil. Dari nanas varietas Smooth Cayenne yang ditanam petani di kebunnya biasanya tumbuh nanas dengan kualitas yang lebih menonjol dari yang lainnya, baik dari segi ukuranya maupun rasa daging buahnya. Nanas dengan kualitas super inilah yang kemudian disebut nanas 'Si Madu'. Jadi nama nanas 'Si Madu' bukanlah nama varietas atau jenis nanas tetapi hanya berupa sebutan bagi nanas Subang dengan kualitas rasa terbaik.

Tak mudah menemukan nanas 'Si Madu' dalam satu kebun, sama halnya seperti mencari kelapa muda kopyor dalam rimbunan buah kelapa. Satu atau dua buah nanas madu mungkin bisa ditemukan dalam satu kuintal nanas yang dipanen atau kurang dari 10% dari hasil panen dalam satu kebun.

Karena jumlahnya yang jarang inilah menyebabkan harga nanas 'Si Madu' beberapa kali lipat lebih mahal daripada nanas Subang biasa. Para penjual nanas biasanya tidak memajang nanas 'Si Madu' di depan kiosnya. Mereka baru akan mengeluarkan nanas 'Si Madu' jika ada pembeli yang menanyakan.


Nanas Madu Subang kualitas super yang manis
Tampilan nanas varietas lain

Perbedaan mencolok dari nanas madu Subang dan nanas lainnya adalah :
  • Daun nanas Madu tidak berduri sedang nanas lainnya banyak duri di sisi daun maupun di areal mata buah.
  • Mata buah nanas Madu cenderung lebar dan jarang sedang nanas Medan kecil rapat.
  • Daun Nanas Madu lebar dan tidak terlalau rapat sedang nanas Medan sebaliknya, lancip dan rapat.
  • Rasa nanas madu sangat manis sedangkan jenis lainnya dominan asam.
  • Jika nanas dipotong seperti kita memotong buah semangka, nanas madu bisa langsung dimakan langsung dengan rasa manis dan tidak gatal di lidah dan tenggorokan sedangkan nanas lainnya pasti kita akan merasa gatal di lidah dan tenggorokan. Nanas lainnya biasanya harus dibuang dahulu mata nya dan juga dicuci oleh air garam supaya menghilangkan rasa gatal saat dimakan, sedangkan nanas madu aman dimakan langsung tanpa perlu dikupas dibuang mata dan tidak perlu dicuci dengan air garam.

Untuk di kawasan Bandung nanas madu subang biasanya dijual di sepanjang jalan setiabudhi atas (jalan dari Bandung kota menuju Lembang) tepatnya di sekitar kampus UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung menjelang terminal Ledeng banyak penjual nanas subang. Di jalan lembang menuju tangkuban perahu juga ada beberapa kios yang menjual nanas madu. Namun yang terbanyak adalah di sekitar jalan ciater dan jalan cagak subang. Jalan Cagak merupakan sentra penjualan dan perkebunan nanas madu subang dan jika kita beli di sini kita bisa mendapatkan harga jauh lebih murah ketimbang di tempat lain. Maka dari itu jalan Cagak dibangun patung nanas yang dibangun di pertigaan jalan yang menghubungkan antara kota Bandung dengan Subang dan Sumedang.

Kios kios penjaja buah nanas madu khas subang
Nanas 'Si Madu' Subang yang memang rasanya semanis madu

Tips supaya mendapatkan nanas subang dengan harga murah dan manis :
  • Tidak disarankan membeli nanas subang di lokasi yang sudah terkenal atau lokasi yang biasa dilalui oleh kendaraan wisata karena pasti harganya mahal. Walau menurut kita yang orang jakarta sudah tergolong murah namun jika beli di tempat yang agak ke pedalaman lagi kita bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah lagi. Misal harga nanas madu kualitas super jika beli di mall jakarta harganya sekitar Rp.35.000-50.000, beli di daerah ramai misal setiabudi, ciater atau jalan cagak yang berada di daerah yang biasa disinggahi para wisatawan misalnya dijual Rp.20.000-25.000, namun jika beli di tempat yang kurang disinggahi oleh para wisatawan kita bisa membeli Rp.10.000-15.000 per 2 buah dengan besar dan kualitas yang sama. Alangkah lebih murah lagi jika membelinya langsung dari kebunnya (dari jalan cagak jalanlah menuju arah Sumedang, nah disana banyak kebun nanas yang biasa buahnya dijual di sepanjang jalan cagak).
  • Untuk mendapatkan nanas subang yang manis, pilihlah yang bentuknya agak gemuk, mata buah nanas yang besar dan tidak berduri tajam.
Penjual nanas murah yang tepat posisinya di seberang pasar hewan jalan cagak
Beli Rp. 100.000 dapet 15 buah nanas subang ukuran lumayan besar
Borong nanas
Hasil borongan nanas di pasar hewan jalan cagak
Jejeran kios nanas subang di jalan cagak

baca juga artikel berikut untuk mengetahui perbedaan nanas Subang yang biasa dengan nanas "Simadu" : 
http://ag-xin.blogspot.co.id/2016/01/tidak-semua-nanas-subang-disebut-nanas.html




 

1 komentar:

Berikan Komentar Buat Blog Saya...